Promosi Web Site Sendiri

hehehe, dari pada bingung sendiri untuk update blog agar tetap eksis, mending promosi situs web milik sendiri.

Ohy, situs web personal saya beralamat di http://www.jeanotnahasan.com. Domain web saya ini sudah jalan hampir 2 tahun. Domain ini saya beli bulan Mei 2010 dengan memanfaatkan sisa uang bulanan. Harganya tidak terlalu mahal dan juga tidak murah, Rp. 95.000 untuk satu tahun tanpa hosting (hanya domain).

Awalnya beli domain untuk belajar bagaimana cara setting domain untuk blog / web. Selain untuk belajar, domain ini juga jadi media ekstitensi di dunia maya.



Saya pernah mengarahkan domain tersebut untuk blog ini (jeanotnahasan.blogspot.com), namun tidak sampai sehari, saya mengubah kembali Name Server domain saya ke layanan hostingan gratis, dengan kata lain, saya mengubah settingan domain agar mengarah ke tempat hosting. Salah satu alasan saya adalah sejarah dari blog ini sendiri. Saya ingin mempertahankan alamat blog ini dengan ekstensi [dot]blogspot. Walaupun cuma blog acak2an dan tidak terkenal, bagi saya, blog ini adalah sahabat, penuh makna dan juga membanggakan.

Setelah mengarahkan domain ke layanan hosting gratis, saya pun menginstal aplikasi CMS Joomla di root melalui menu fantastico. Awalnya saya sudah belajar secara otodidak cara menggunakan CMS Joomla di Server Lokal (komputer sendiri, tidak harus tersambung ke internet) dengan menggunakan XAMPP.
Hal ini juga yang menjadi satu alasan saya membeli domain, yaitu untuk belajar bagaimana cara setting domain untuk Joomla.


Setelah cukup paham dengan Joomla, saya pun lanjut menginstal aplikasi CMS lainnya, seperti Wordpress dan Module. Dan karena tingginya rasa penasaran serta rasa ingin tau yang kuat, saya juga menginstal aplikasi untuk forum, yaitu phpBB. Intinya, dibalik semua itu, tujuan utama saya adalah untuk mencari pengalaman seputar ilmu-ilmu berharga di internet. Apalagi ilmu-ilmu tersebut juga sangat berkaitan dengan kuliah saya di teknik informatika, walau sampai saat ini (semester 6), saya belum mendapatkan kuliah yang mengajarkan bagaimana caranya distribusi web di internet (cara hosting web di internet dan cara setting domain).

Setelah satu stengah tahun menggunakan domain tersebut, dengan halaman utama memanfaatkan aplikasi Joomla, akhir tahun 2011 saya memutuskan untuk merancang ulang homepage dengan codingan sendiri. Memang masih sangat sederhana dan masih banyak yang saya rencanakan belum saya realisasikan semua.
Saat ini web site saya masih dalam tahap konstruksi. Tujuan saya adalah menjadikan situs tersebut sebagai web personal yang berisi informasi profil saya, portofolio dan informasi-informasi lain yang masih terkait dekat dengan diri saya sendiri.

Ohy, web tersebut saya buat menggunakan code PHP, JQuery dan pastinya CSS. Selain itu, saya juga menggunakan Photoshop untuk gambar yang saya gunakan.

Satu bocoran lagi, domain tersebut (saat masih menggunakan Joomla) pernah saya jadikan sebagai web dummy untuk bertarung di kontes SEO. Wordpress yang saya instal di dalam folder lain juga saya jadikan dummy blog saat itu, tidak percaya, silakan buka http://www.jeanotnahasan.com/blog, nah, mungkin anda masih bisa mendapatkan sisa2 artikel dummy dari medan perang pertempuran di kontes SEO.

Sebelum menutup artikel ini, saya ingin menyampaikan pesan yang sangat penting :

Jangan bosan berkunjung ke blog ini dan situs web personal official saya di www.jeanotnahasan.com... hehehe :)
Ohy, ada satu pelajaran penting yang saya dapatkan ketika saya berhasil memahami sesuatu yang membuat saya penasaran, pelajaran yang saya dapatkan ketika saya berhasil memahami dan cukup menguasai matakuliah yang baru akan diajarkan pada satu stengah tahun yang akan datang, yaitu :

Jangan menunggu ilmu datang ke kita, tapi jemputlah ilmu itu jauh lebih awal agar lebih cepat pula kita menikmati dan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang disekitar kita.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

8 comments:

  1. mantap sobat... lama gak berkunjung ke blog JNC :)
    selamat belajar, semoga kedepannya membuahkan hasil yang maksimal dan membanggakan...

    salam damai dari makassar

    BalasHapus
  2. @Puang Jamal : amin. salam damai selalu dari hati sob :)

    BalasHapus
  3. mantap ga gak terlalu mahal deh buat promo web sendiri hehehe

    BalasHapus
  4. keren banget dah hostingnya 0-0p

    BalasHapus
  5. hostingnya mantep banget dah, keren abisss

    BalasHapus
  6. Ikut ikutan komen ndak nyambung wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Benar mas.. "eksistensi" sepertinya memang disukai juga oleh google dan pembaca blog, banyak yang menyarankan kalau lebih baik membuat blog baru dengan topik baru yang diharapkan dapat juga "eksis" CMIIW :)

    BalasHapus
  8. Setelah capek googling seharian akhirnya nemu juga artikel yang pas, berkualitas. Lumayan buat nambah ilmu. Thanks bangat karna udah maw share ilmunya. Ditunggu postingan berikutnya..

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com