Surat Kecil Untuk Tuhan dan Cerita Untuk Sahabat

Film yang diangkat dari sebuah novel kisah nyata dengan judul "Surat Kecil Untuk Tuhan", kembali mengingatkan saya pada seorang sahabat yang telah kembali ke pangkuan Yang Maha Kuasa pada 18 Oktober 2009. Cerita ini untuk semua sahabat. Sebuah kisah true story yang sangat menginspirasi dan sangat menyentuh ini memberikan kita banyak pelajaran arti kehidupan.

Foto Gita Sesa Wanda Cantika

Film yang mulai tayang pada 7 Juli 2011 ini menceritakan suatu pejuangan melawan sakit dan semangat yang kuat untuk mencapai impian seorang gadis remaja penderita kanker Rabdomiosarkoma atau kanker jaringan lunak bernama Gita Sesa Wanda Cantika. Kanker ganas tersebut menyerang bagian wajah dari gadis remaja yang lahir pada 15 Juli 1991.

Saat masih berumur 13 tahun, dokter mengatakan kepada ayah gadis yang kerap disapa Keke, bahwa umur anaknya hanya dapat bertahan 5 hari lagi jika tidak segera melakukan operasi. Sungguh suatu pernyataan yang membuat hati sang Ayah mendapatkan tekanan yang sangat berat. Oleh karena itu, pihak keluarga merahasiakan kanker tersebut pada Keke. Walau akhirnya ia tahu ia terserang kanker ganas, ia pasrah dan tidak marah pada siapapun yang merahasiakan penyakit maut itu padanya.

Karena kebesaran Tuhan, Keke akhirnya berhasil sembuh dari kanker tersebut. Keberhasilan dokter Indonesia menyembuhkan kasus kanker yang baru pertama kali terjadi pada putri Indonesia ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus membuat semua Dokter di Dunia bertanya-tanya.

Namun, kanker tersebut kembali menyerangnya. Dalam film-nya, Keke mengalami kelumpuhan dan kebotakan. Dokter menyerah terhadap kankernya. Keke menyadari bahwa napasnya tidak panjang lagi. Dia tetap bersyukur dan menuliskan sebuah surat kecil untuk Tuhan :

Tuhan ..
Andai aku bisa kembali..
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini.
Tuhan ..
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada hal yang sama terjadi padaku, terjadi pada siapapun

Keke menghembuskan napas terakhirnya pada 25 desember 2006 tepat setelah ia menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri terakhir bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya, namun kisahnya menjadi abadi. Ribuan air mata berjatuhan ketika biografi pertamanya dikeluarkan secara online. Pesan Keke terhadap dunia berhasil menyadarkan bahwa segala cobaan yang diberikan Tuhan adalah sebuah keharusan yang harus dijalankan dengan rasa syukur dan beriman. Perjalanan waktu, biografi Keke pun dipasarkan secara luas dan kini telah dikemas dalam bentuk film layar lebar dengan judul yang sama "Surat Kecil Untuk Tuhan".

Pada akhir film ini, Keke menyampaikan satu permintaan terakhirnya, agar hubungan dalam keluarganya bisa bersatu lagi. Semangatnya untuk tetap menjadi yang terbaik tak sedikitpun melemah. Seperti bintang Sirius yang tetap bersinar terang walau langit tertutup awan

Dari film tersebut, kita akan menemukan banyak arti kehidupan yang dapat kita jadikan motivasi dan inspirasi dalam menjalani hidup yang tidak mudah ini. Setiap orang pasti akan mendapatkan cobaan, jangan pernah menyerah pada tantangan yang anda hadapi. Kita yang merasa normal, belum tentu bisa meraih cita-cita dengan mudah.

Saya bukan bermaksud untuk promo, tapi sebaiknya anda menonton film ini sebelum anda mengeluh pada kesulitan hidup yang anda hadapi. Semoga kita akan semakin sadar akan kebesaran Tuhan.

Postingan ini sekaligus sebagai ucapan Selamat ulang Tahun dari saya untuk remaja yang sangat menginspirasi ini. "Selamat Ulang Tahun Keke, semoga tidak ada lagi tangisan di dunia ini".


Betapa Indahnya Berbagi :)
Jika anda merasa artikel Surat Kecil Untuk Tuhan bermanfaat sebagai inspirasi dan motivasi dalam hidup, share tulisan ini pada orang-orang di sekitar anda!

[org pintar pasti punya komentar, so jgn malu untuk berkomentar, saran dan kritik]

54 komentar:

  1. Nice... wow... tanggal lahirx sama dengan saya.. haha

    BalasHapus
  2. huwaaaa... pengeeeennn nonton banget film ini tp blm kesampaian. :'(

    BalasHapus
  3. Sepertinya ceritanya sangat menyentuh,hmmm nice share mas, jadi bikin penasaran saja

    BalasHapus
  4. ceritanya sedih banget ...
    nonton dengan bercucuran air mata....
    benar-benar sedih dan sangat menyentuh ...
    10 jempol untuk andi dan sahabat-sahabat keke ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga nontonnya dengan mata yang berkaca2.. :')

      Hapus
  5. walaupun saya belum menonton film ini..
    tapi waktu saya SMA dulu saya sempat membaca novel nya..

    baru sx ini saya membaca novel yg menyentuhh n menghrukan...
    juga ndak bsa d ungkapkan dengan kta"...

    :(

    BalasHapus
  6. Henny negrini rahayu bachdim selalu cinta smash20 November 2011 12.09

    Saya teringat baca novel SKUT sungguh menyedihkan, keke pantang menyerah..
    Ya allah semoga keke tenang dialam sana amien :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin. pelajaran hidup yang sangat bermakna :)

      Hapus
  7. ella mawarni pane20 November 2011 21.53

    kapan film ini bsa tayang di tv

    BalasHapus
  8. film yg memberikan motifasi untuk kita

    BalasHapus
  9. pricillya lesawengen12 Desember 2011 21.08

    aq pengen nonton film ini ..
    kpn d tanyang'n d tv ..
    aq pasti nontonn

    BalasHapus
  10. pengen nonton filmnya ih ! males baca ! :-( :-(:-(

    BalasHapus
  11. really sad story, play the movie again ...

    BalasHapus
  12. ..Aku ingin bisa memiliki NOVEL SKUT ini, tapi daerah tempat tinggl q tidak memungkinkan untuk aku memilikinya :'(
    "jauh dari tokoh2 buku"
    klaw mau baca novel q cuman bisa pinjam di perpustakaan sekolah saja

    kapan film SKUT ini di tyangkan di Televisi? :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, film ini sudah beberapa kali ditayangkan RCTI

      Hapus
  13. ceritanya sangat mengharukan.. sangat inspiratif dan sangat educationing terkait semangat hidup

    BalasHapus
  14. baca juga cerita novel inspiratif lainnya yang diangkat dari kisah nyata.

    BalasHapus
  15. keke adalah gadis yang sangat kuat dan tabah , ia tak pernah mengeluh , selalu beribadah dan tetep semangat untuk sekolah walaupun kondisinya tidak memungkinkah,, sungguh, ia adalah mutiara yg benar2 berharga,, terima kasih keke , karena kisahmu adalah inspirasi dan semangat baru bagi kami,,terimakasih ,,

    BalasHapus
  16. ceritanya mengharukan n menyedihkan......


    akq tertarik mmbacanya....

    BalasHapus
  17. semoga menjadi inspirasi bagi kita semua,,,,jgn pernah menyerah dan mengeluh...dan mari kita bersyukur bg yang merasa dirinya sehat.,.....alhamdulillah selalu kita utarakan d mulut kita,,,

    BalasHapus
  18. ni baru, nnilai norma perjuangn hidup

    BalasHapus
  19. Aku kasih 100 jempol buat keke :')

    BalasHapus
  20. Gw Udah liat Filmnya Kemaren di RCTI tanggal 29 April 2012

    BalasHapus
  21. @Jambronk : ow. uda tayang di tv swasta yah. hehe. aku baru tau tu dari komen kamu, padahal pengen nonton lg tp belum kesampaian =.

    BalasHapus
  22. aku nonton sampai nangis..........

    BalasHapus
  23. @Anonim : saya sendiri, yg faktanya seorang lelaki, saat nonton film ini di bioskop mata saya sempat berkaca2.. hampir nangis juga. hehehe :)) semoga semangat hidup Keke bisa kita jadikan pedoman untuk terus berjuang dalam kondisi sesulit apapun itu :)

    BalasHapus
  24. sony cb tunggal1 Mei 2012 10.01

    semoga dalam cerita ini merupakan pesan untuk kita yang merasa hidup punya arti dan penuh syukur,,,

    BalasHapus
  25. almukni cute abizz6 Mei 2012 20.42

    aku suka banget sama film ini karna membuat aku ketagihan untuk nonton lagi

    BalasHapus
  26. WOW,,,, film ini sangan menyentuh hati pokokx istimewah deh tapi aku mohon putar lagi di TV yah

    BalasHapus
  27. pokoknya aku suka banget film ini putar lagi yah di TV

    BalasHapus
  28. liat di youtube aja.. ketik surat kecil untuk tuhan nanti ada filmnya

    BalasHapus
  29. keren bgt ,, banyak bgt yang di ambil hal positif nya ;')

    BalasHapus
  30. kartika ayu nuriana14 Agustus 2012 06.42

    kita hrs bersabar menghadapi cobaan hidup ini,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  31. Film Nya Sangat Bagus, Terharu Menonton Nya..
    Banyak Pelajaran Penting Yang Bisa Kita Ambil Dari Film Tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kita bisa belajar banyak makna hidup dari film ini :)

      Hapus
  32. waoo....pngen buanget membaca buku ini.

    BalasHapus
  33. nice... sneng skali liat film itu.. mski air hrus mnetes..
    q jdi termotifasi untuk selalu semangat dalam belajar...

    BalasHapus
  34. dadaku sampek sakit, nyesek banget nahan tangis.. tapi akhirnya tetep nangis juga.... kisahnya meginspirasi untuk slalu smangat mnjalani khidupan,,,, semoga keke tenang di sana dan mendapatkan tempat terindah di sisi-Nya dan keluarga yang di tinggalkan slalu dberi kesabaran.Amiin

    BalasHapus
  35. Dulu pertanya baca bukunya,terharu bnget dngn keke,sampai nangis g karuan,kemarin buka youtube ini jg,,hmmmmm serasa mmberk. Aq semangat baru,aq jg sadar,n aq yakin semua,cobaan pasti ad jln terbaik n hikmahnya,,

    BalasHapus
  36. Pelajaran hidup yg patut dicontoh
    Maknanya dalam bngt sebesar apapun cobaan itu kita hrus ttp bersyukur n g lupa sm sang pencipta

    BalasHapus
  37. film yang inspiratif, layak tonton

    BalasHapus
  38. ªªªƙʊ̈ suka filmnya memotivasiku untuk terus berusa, karena keke bisa kenapa ªªªƙʊ̈ tidak bisa, semoga keke mendapatkan tempat terindah ϑΐ Sisi Allah SWT

    BalasHapus
  39. Ijin Share ya :) ... Semangat

    BalasHapus
  40. yah¿¿ Pokoxny trharu buanget deh dngan kisah ini yg berjudul surat kecil untuk tuhan¿¿ Aq aja smpe nangis sma filmnya atau pun novelnya ¿¿

    BalasHapus