Dari Hal Sederhana..

Kemarin, saat rehat rapat untuk makan siang, saya merasa beruntung bisa ngobrol langsung dengan founder sekaligus adminnya @JogjaUpdate (Pakde Senggol). beliau bercerita bahwa ketertarikan dengan apa yang digelutinya selama ini berawal dari 'kesukaan beliau dengan tombol'. Sederhana!

Saya langsung berpikir dan melihat diri saya sendiri, ternyata saya bisa sejauh ini dibidang IT juga didasari oleh hal sederhana,
'saya suka melihat papan PCB dengan komponen2nya yg beragam' 
Papan PCB | sumber www.pcbuniverse.com

Jaman SD, saya sangat hobi dengan yang namanya 'BONGKAR SIMPAN' perangkat eloktronik seperti radio dan walkman.. dengan tujuan ingin melihat isi dari perangkat tersebut (papan PCB dan komponen2nya).. saat itu, jika di rumah ada obeng yang hilang atau ada barang2 eloktronik yang kebongkar, orang yang paling pertama diintrogasi pasti saya :) :D

Lanjut saat kelas 2 SMP, saat itu saya dibelikan komputer.. tidak sampai seminggu saya sudah memberanikan diri mencabut setiap komponen hardware luar dari PC (mouse, keyboard, monitor, dan printer) untuk memindahkan komputer tersebut dari ruang tengah ke kamar saya.. syukurlah, entah karena sudah naluri, semua perangkat bisa saya pasang kembali dengan benar..

setelah bisa dengan leluasa main comot, tidak butuh waktu lama bagi saya untuk melihat bagian dalam PC tersebut,. selama masih ada obeng, hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit.. :)

Selama SMA, PC saya benar2 'telanjang'.. tujuannya agar saya bisa lebih leluasa memandangi si papan pcb (mainboard) dan komponen2 lain (prosesor, memori dsb)...

Saat itu hanya saya yang bisa menghidupkannya (power on).. tidak ada tombol power di casing karena casing nya memang tidak dipakai lagi :D.. yang dibutuhkan adalah paku atau obeng untuk menghidupkannya.. caranya dengan menghubungkan kedua pin yg ada di mainboard menggunakan paku/obeng..

***

saya memang belum 'sukses', namun saya berani berkata bahwa
kesuksesan bisa diawali dari hal sederhana yang dengan keberanian dilakukan dengan cara luar biasa..

hingga saat ini, saya selalu bersyukur diberikan kebebasan melakukan apa saja pada komputer pertama yang orang tua belikan.. jika sejak itu tidak ada support dan tidak ada keberanian dari saya sendiri untuk mencoba.. mencoba.. dan mencoba.., entah 'siapa aku' hari ini..?

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

2 comments:

  1. Iya semuanya dimulai dari hal sederhana kemudian berkembang, dulusaya nga berani ngoprek hehe, kalo skrg sudah berani hehe thanks artikelnya :)

    BalasHapus
  2. sama kayak PCku waktu masih kuliah duluh jean.. hehehehee.


    "Tingkatkan dan selalu berkarya walaupun dalam hal sederhana dan sekecil apapun itu"

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com