Semua Berbicara Tentang 11 x 3

Roda kehidupan terus berputar, membawa kita pada perubahan dan berbagai keadaan. Di saat sulit kita akan berjuang semaksimal yang kita bisa untuk lepas dari masalah, dan di saat yang mudah, kita akan tertawa menonjolkan kesombongan kita. Tapi, terkadang di saat yang mudah, kita akan mencari jalan yang sulit, dan di saat sulit, kita akan bangga 'menyombongkan' ketidaksanggupan kita dan menyerah pada tantangan. Inilah kita manusia, oleh karena itu, di mana pun posisi anda, tetap lah bersikap bijak pada setiap keadaan.

Sedikit ocehan di atas tidak ada hubungannya dengan postingan berikut. Hanya sebagai bumbu untuk menggambarkan realita yang sering terjadi di sekitar kita.


Dan bukan tentang ocehan di atas yang diributkan hari ini, tapi, 11 x 3 adalah hal yang ramai dibicarakan orang, di dunia maya dan di dunia nyata, bahkan, mungkin dunia lain yang tak terlihat kasat mata, juga sedang berbincang tentang 11 x 3.

Ada apa?

Jam di sudut layar menunjukan angka 0:00 lewat. Tandanya hari kemarin sudah berlalu.

Tapi mengapa? Di facebook ramai menulis 11 x 3. seolah-olah mereka berlomba, bagaikan sebuah kompetisi memperebutkan siapa yang tercepat dan terheboh menulis 11 x 3 setelah jarum jam mereka berpindah melewati angka 12.

Di twitter juga demikian.11 x 3 berkicau seperti nyanyian burung di pagi hari, seolah-olah mereka bersaing menonjolkan 'kicauan' siapa yang terdengar lebih nyaring.

Tak ada yang menarik, karena yang mereka tuliskan pada dasarnya sama.

Lalu, tujuannya apa?
11 x 3.... mereka menulis angka 11 11 11 dengan tambahan bermacam penjelasan lainnya. Yah, memang unik, hari ini 11 November 2011 mungkin memberi makna 'sesuatu' bagi mereka.

Portal-portal berita pun bersaing membahas tentang pernikahan artis dan para publik figur di tanggal yang unik ini.

Banyak orang ingin mengaitkan tanggal istimewa sebagai momen yang istimewa pula dalam kehidupan mereka apakah itu karier, peruntungan, atau hari istimewa lainnya.

Kebanyakan dari mereka sangat menaruh kesan yang berlebihan tentang 'keindahan' atau 'kebahagiaan' pada tanggal ini. Tapi, tidak ada yang tahu tentang hari esok ketika 11 11 11 sudah berlalu. Apakah 'indah' atau 'bahagia' itu masih menyisihkan kesan positif dalam hidup atau sudah terlupakan?

Banyak yang memaksa hidupnya berkesan pada hari ini. Bayi yang masih merasa nyaman dalam rahim ibunya harus terdegradasi lebih awal dan merelakan tempat terindah yang seharusnya dia rasakan selama 9 bulan menjadi kosong untuk tabungan selanjutnya bagi kedua orang tua mereka. Mereka tidak berfikir tentang apa saja yang akan terjadi dengan suatu 'paksaan'. Mungkin bagi mereka, yang penting adalah tanggal ini memberi kesan dan bermakna dalam lembaran kehidupan yang telah mereka dan yang akan mereka lalui.

Bukan hanya tentang itu, paksaan untuk mencari kesan indah juga mengharuskan 2 makhluk ciptaan Tuhan mengikrarkan hubungan cinta mereka. Sang pencari cinta menggunakan tanggal ini sebagai senjata yang ampuh untuk 'menyerang' dan tameng yang 'kokoh' untuk bertahan. Tujuannya sama, semua tentang makna dan kesan dalam hidup.

Mungkin, mereka hanya melihat tentang hari ini, karena hari ini 'indah' bagi mereka.
Inilah kita, sebagian manusia, tak pernah sadar tentang keindahan luar biasa yang diberikan Tuhan pada kita.
Setiap hari adalah indah jika kita bisa menyadari bahwa semuanya bermakna.
tapi ternyata sulit, karena sebagian dari kita hanya berfikir tentang apa yang bisa kita rasakan sesaat tanpa memandang ke depan.

JIKA KITA BISA MELAKUKAN HAL BAIK KEMARIN, MENGAPA HARUS MENUNGGU HARI INI. JIKA KITA BISA MELAKUKAN HAL BAIK HARI INI, MENGAPA HARUS MENUNGGU HARI ESOK. DAN JIKA KITA BISANYA MELAKUKAN HAL BAIK DI HARI ESOK, MENGAPA HARUS MEMAKSA TERJADI DI HARI INI?


***

Tujuan tentang mereka yang ramai menulis 11 11 11 masih 'membingungkan' bagi saya. satu yang bisa saya pahami adalah, adanya kepuasan yang timbul dari dalam batin ketika kita bisa berbagi hal yang berkesan atau hal bermakna dalam kehidupan dengan menulis 11 x 3. Sama seperti apa yang aku lakukan dengan tulisan ini. Sebuah kepuasan ketika blog ini berisi artikel dengan tulisan sendiri, walau mata dan pikiran merasa lelah, masih ada jemari yang selalu siap untuk menari.

11 NOVEMBER 2011 MEMANG TANGGAL YANG UNIK, TAPI SADARILAH, TUHAN SUDAH MENYIAPKAN SETIAP HARI ITU ADALAH INDAH BAGI KITA. TETAP TERSENYUM KAWAN DAN JADIKAN HARI-HARI MU INDAH DENGAN BERBAGI NILAI KEHIDUPAN.

TAK AKAN ADA MAKNA HIDUP YANG BURUK JIKA KITA BISA SALING MEMAHAMI. . :)

Masih banyak yang ingin aku tulis, tapi aku tak ingin menjadi bodoh karena ingin memaksakan hal yang berkesan terjadi hari ini! jiwa dan raga saya memiliki batasan untuk beraktivitas, selamat malam, selamat beristirahat.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

25 comments:

  1. Setuju bro, bagiku setiap hari adalah Istimewa karena masih diberikan anugrah dari yang di Atas untuk bisa menghirup nafas.

    BalasHapus
  2. memang angka yang mudah diingat, dan pastilah harus menyadari kalau kematian semakin dekat, karena umur terus bertambah dan akan berhenti di suati ketika, saat untuk bertobat...

    BalasHapus
  3. @Anime Manga : itulah sebabnya kita harus membalas napas yang kita hirup dari alam dengan menghembuskannya kembali disertai oleh rasa syukur.

    hidup ini akan lebih indah jika kita bisa menjadikan hembusan napas kita adalah rasa syukur :)

    BalasHapus
  4. @Ndledex86 : memang mudah diingat, tapi bukan berarti angka yang terlupakan tidak memberikan makna kehidupan yang lebih baik :)

    BalasHapus
  5. aku suka ini "Setiap hari adalah indah jika kita bisa menyadari bahwa semuanya bermakna"
    jos mantavv.. :D

    BalasHapus
  6. semua orang boleh memaknainya ... salam

    BalasHapus
  7. Kalau saya tanggal 25 adalah tanggal yang penuh makna. Pertama karena itu tanggal kelahiran saya. Kedua itu tanggal gajian saya he he he he...

    Salam

    BalasHapus
  8. kejadian hal ini hanya dikait kaitkan sesuai tanggal. salam blogger jogja

    BalasHapus
  9. @Efri Yaldi : kemana aja bung..hahaha *np : ayutingting

    @DeWay : ohy,brarti tanggal lahir kita sama donk.. hahaha asyikkk

    BalasHapus
  10. Tidak ada salahnya jika seseorang menikah dan memberi kesan berlebih pada tanggal 11-11-'11. Semua hari memang indah, tapi tanggal ini memang lebih unik dan bukan berarti menganggap hari lain tidak indah dan tidak unik. Merayakan atau memberi kesan yang lebih terhadap sesuatu bisa menjadi "starting point" bagi reorientasi hidup. Jangan terlalu naif kawan!

    Seperti tulisan Anda, "TAK AKAN ADA MAKNA HIDUP YANG BURUK JIKA KITA BISA SALING MEMAHAMI. ." apakah Anda sudah belajar memahami orang lain sebelum menulis postingan ini?

    Saya sama dengan Anda, tidak terlalu memberi kesan yang berlebihan terhadap 11-11-'11 ini. Why so serious? :)

    BalasHapus
  11. @Anonim : ok.memang tidak ada salahnya.saya pun tidak melarang mereka melakukan hal itu. tulisan ini bukan berarti saya naif.saya hanya menggambarkan sedikit realita yg terjadi di sekitar kita. :)

    saya juga sudah menuliskan tentang apa yg bisa saya pahami dari keadaan ini :
    satu yang bisa saya pahami adalah, adanya kepuasan yang timbul dari dalam batin ketika kita bisa berbagi hal yang berkesan atau hal bermakna dalam kehidupan dengan menulis 11 x 3. Sama seperti apa yang aku lakukan dengan tulisan ini. Sebuah kepuasan ketika blog ini berisi artikel dengan tulisan sendiri,

    Salam kerabat,

    BalasHapus
  12. lalu nikmat tuhan yang manakah yang kalian dustakan?

    BalasHapus
  13. 11-11-'11 itu hari lahirku yg ke-19.. :D hehehhe

    BalasHapus
  14. Artikelnya bagus.. bermanfaat dan semoga membuat orang-orang menyadari dengan hal-hal yang mereka perbuat.

    BalasHapus
  15. Wah, ya kemaren pas posting artikel baru sadar kalau hari itu tanggal 11/11/11. Agak unik, tapi tidak ada maknanya sama sekali buat aku. Itu hal yang biasa saja, seperti halnya tahun lalu ada 3 angka yang sama 10 Oktober 2010 (10/10/10). Tgl, bulan dan tahun yang angkanya sama itu hal yang biasa saja, tidak ada meaningnya sama sekali. Dan Setuju, setiap hari adalah istimewa dan anugerah buat kita, tidak perlu mengistimewakan hari yg kebetulan tgl/bln/thn angkanya sama, yang dikhawatirkan justru akan menjatuhkan kita pada kemusyrikan.

    BalasHapus
  16. @Adi : semua punya bermacam pendapat dan pemaknaan pada kehidupan :)

    @Eka : waw.. met ultah yah.sukses selalu.panjang umur.amin

    BalasHapus
  17. jangan-jangan aku juga ketularan virus 11, kemarin punya duit receh 11 rebu pada jam 11 di beliin goreng tempe 11 biji, dimakan oleh 11 orang ....hehe, memang kalau diperhatikan seperti setengah waras tuh orang melahirkan dipaksa supaya lahir tanggal 11 sampai dicaesar. Ternyata pelakunya banyak ya orang-orang berpendidikan

    BalasHapus
  18. @Alkindi : hahaha.. tahun kemarin saya juga biasa aja dgn 10 x 3.. tetap pada prinsip "Setiap hari adalah indah jika kita bisa menyadari bahwa semuanya bermakna"

    BalasHapus
  19. @Azaz : hahaha.. keren tuh,, mungkin kelupaan ditulis cabenya juga 11..
    nah, itu dia,, orang berpendidikan tapi mendahului kehendak Tuhan.. :)

    BalasHapus
  20. menurut gw itu soalnya kejadian 11-11-11 gak bakal ke ulang lagi tanggal kaya gitu kalopun bisa juga harus 12-12-12 .. kalo mau 13-13-13 ya gak mungkin hahaha makanya banyak yg bikin spesial di angka serba 1 itu ..

    ya walopun buat gw sendiri gak ada yg spesial hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tggl yg lengkap itu 11 11 2011.. dan semua tanggal gak bakal keulang.
      tggl 5 08 2013 juga gak bakal terulang.. :D

      Hapus
  21. nothing special in this world.. yg spesial cuma kalau kita selalu bersyukur mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, semua tergantung cara menyikapi.. yaitu bersyukur :D

      Hapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com