Para Pemenang Jogja Java Carnival 2011



Berikut daftar pemenang Jogja Java Carnival yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2011 :


Juara 1. Taman Wisata Candi Borobudur ; 
Sebagai pengelola kawasan Candi yang berada di kawasan Jawa Tengah dan DIY, Taman Wisata Candi Borobudur ketika mengikuti lomba JJC IV menyajikan replika Borobudur dipadukan dengan sebuah sendratari yang mengisahkan pembuatan candi Borobudur.
Sebagaimana diketahui, candi Budha terbesar di abad ke-9 dan terletak di Jawa Tengah memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Candi ini termasuk termasuk dalam World Wonder Heritage.
Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.





 Juara 2. Yayasan Pelita Bangsa;
 “Yogya To The World”, itulah tema yang diangkat Yayasan Pelita Bangsa yang beralamatkan di Vila Seturan Indah, Yogya. Mereka merasa perlu mengangkat kota Yogya karena mempunyai banyak predikat yang selama ini disandang seperti kota Republik, kota pendidikan. Demikian pula banyak tempat bersejarah dan dijadikan tujuan wisata yang berada di wilayah Yogya, seperti kraton, Malioboro, pasar Beringharjo. Yogya juga dikenal gudeg serta bakpia maupun batik.
Untuk itulah Yayasan Pelita Bangsa menyimbolkan berbagai predikat serta keunikan Yogya ini dengan membuat sebuah mahkota raksasa. Bagian atas mahkota tersebut terdapat sebuah kursi yang berlandaskan bola dunia. Demikian pula nantinya ada 7 obor yang melambangkan bahwa di Yogya itu berlangsung (terdapat): 1. Pemerintahan yang bersih dan berwibawa. 2. Masyarakat yang madani. 3. Generasi muda yang cerdas dan bermoral. 4. Pariwisata yang berdaya saing global. 5. Ekonomi kreatif dan kerakyatan. 6. Pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. 7. Menjaga warisan budaya bangsa.





Juara 3. Kelompok OMM Kadipaten Yogya;
Komunitas yang berbasis di kota Yogya ini cukup eksis. Para anggotanya beberapa kali ikut mengisi acara yang berskala nasional. Misalnya, tampil dalam gelaran paket wisata Candi Prambanan dan Boko, mengisi acara Pek Cun di Parangtritis 5 Juni 2011 dengan menggelar dramatari “Kesetiaan Sang Pemimpin.” Pada JJC 2011, mereka memutuskan untuk ikut dengan membawakan tema “Spinx, Cleopatra dan Batik.” Menurut salah satu anggota OMM, Kuswananto, mereka akan memadukan kehebatan seni pahat Mesir dan seni batik Indonesia. “Tingginya nilai peradaban Mesir dengan pesona kecantikan Cleopatra akan kita padukan dengan kekayaan budaya bangsa Indonesia melalui pesona batiknya,” ungkapnya.


Juara Harapan. Taman Pintar;
Pengelola sebuah wahana wisata berbasis pendidikan yang terletak di jalan Panembahan Senopati, Yogya tak ingin ketinggalan ikut meramaikan HUT Kota Yogya ke-255 dengan ikut JJC 2011.
“The Magnificence Kings Parade” (Parade Raja-raja yang Mengagumkan), itulah tema yang disodorkan kepada panitia. Di sini Taman Pintar akan mempertontonkan tempat-tempat (miniatur) bersejarah berikut para raja yang tengah memerintah kala itu. Selain itu juga akan menyajikan patung komodo setinggi 3 – 4 meter. Apa yang disajikan tersebut adalah menggabungkan konsep Magniworld dengan visi Taman Pintar yang peduli pada ilmu pengetahuan, budaya serta teknologi.

Sumber :  http://www.jogjajavacarnival.com/taman-wisata-borobudur-juara-i-jogja-java-carnival-2011/

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

1 comments:

  1. gak sempat nonton langsung.ada acar keluar kota.but thanks buat infonya :)

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com