Kopdar Blogger Jogja Bersama JOIN dan Kaskus Regional Jogja

Minggu 26 Januari 2014 Komunitas Blogger Jogja (KBJ) melangsungkan KOPDAR (Kopi Darat) pertama di tahun 2014. Bertempat di Legend Premium Coffee, tercatat sekitar 50 peserta hadir pada kopdar yang didukung oleh JOIN Alumni and School Friends. Peserta tidak hanya dari member Komunitas Blogger Jogja, beberapa rekan dari Kaskus Regional Jogja juga turut meramaikan kopdar kali ini.

Kopdar dimulai pukul 12:00 WIB. Setelah dibuka dengan doa, Mbak Anggit langsung memaparkan materinya terkait JOIN Alumni and School Friends. JOIN merupakan aplikasi social untuk alumni yang berbasis android. Dengan aplikasi ini, kita bisa bertemu kembali dengan kawan lama satu sekolah, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai universitas. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan media reuni online yang tentunya dapat berlanjut pada kegiatan reuni ofline.


Setelah mbak Anggit selesai memaparkan materi, sesi berikutnya dilanjutkan dengan tanya jawab. Pada sesi ini terlihat antusias peserta untuk menanggapi materi, baik itu berupa pertanyaan, saran dan kritik untuk JOIN.

Pada sesi tanya jawab, saya melihat besarnya keterbukaan dari mbak Anggit untuk menerima sebanyak-banyaknya masukan dari peserta. Mas Jarwadi merupakan salah satu yang memberikan saran, secara khusus untuk pemilihan konten yang tepat untuk aplikasi JOIN.

Bapak Arifin bertanya terkait kendala yang dihadapi saat menggunakan aplikasi JOIN
sesi curhat Mas +Jarwadi MJ saat memaparkan saran untuk JOIN :) 

Bagi kalian yang penasaran dan ingin mencicipi fitur-fitur pada aplikasi JOIN, silakan mengunduhnya dari Play Store pada perangkat android kalian atau melalui link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.join.alumni

Semoga anda beruntung menemukan jodoh yang sempat terlewatkan pada masa sekolah. :)



***

Sesi materi pertama selesai, rekan dari Kaskus Regional Jogja yang diwakili mas Amri dan mas Septiaji mendapatkan giliran untuk sesi berikutnya, yaitu materi rekening bersama. Rekening bersama merupakan layanan untuk melakukan transaksi online. Kedua rekan dari Kaskus Regional Jogja ini menjelaskan apa yang dimaksud rekening bersama, bagaimana prosedur kerjanya, pengalaman dalam bisnis online hingga tips saat memilih metode pembayaran.

Salah satu hal yang saya garis bawahi dari sesi ini adalah :
"Semua metode pembayaran memiliki resiko"
Selama ini kita berangkapan bahwa metode pembayaran COD (Cash on delivery) merupakan yang paling aman, tapi nyatanya tidak demikian. Resiko di pihak pembeli memang sangat kecil, namun tidak dengan pihak penjual yang ternyata bisa saja dipalakin dengan bermacam alasan.
Mas Amri dari Kaskus Regional Jogja

***

Setalah kedua sesi pemaparan materi dari masing-masing narasumber, acara dilanjutkan dengan 'suka-suka' alias mimbar bebas.

Pada kesempatan ini, pihak NCC yang merupakan partner membership card komunitas blogger Jogja membagikan kuisioner. Selain itu salah satu peserta, mbak Darmini yang juga masih merupakan member mempromosikan novel karangannya yang kini sukses menjadi best seller pada salah satu toko buku di pulau dewata.

***

Acara ditutup, sebagain peserta langsung meninggalkan lokasi, sebagian lainnya masih asyik dengan kesibukan masing-masing. Ada yang membahas 'earnings', ada yang membahas JOIN dan pastinya ada yang sibuk mendokumentasikan dirinya a.k.a foto-foto :)

Saat satu persatu peserta pulang, pengurus komunitas blogger Jogja dan beberapa member aktif masih melanjutkan kopdar dengan bahasan masa depan KBJ. Dapat dikatakan sesi ini merupakan rapat yang tidak bersifat formal. Diskusi yang sebenarnya sangat santai guna membahas kegiatan KBJ kedepannya namun memiliki bobot besar untuk kelanjutan KBJ. Sesi yang juga selalu terselip guyonan yang bisa membuat perut mules karena terlalu lelah tertawa :)

Mbak Rian sibuk dengan iPhone yang baru dibeli semalam sebelumnya :))

***

Sukses untuk kopdar di awal tahun 2014 ini. Terima kasih Mbak Anggit alias Mbak JOIN (@we_JOIN) atas support dan kepercayaannya pada Komunitas Blogger Jogja (@blogger_jogja).

Terima kasih untuk rekan-rekan Kaskus Regional Jogja (@kaskuseRYe) yang turut hadir dan mengisi materi berbobot untuk peserta.

Terima kasih untuk semua peserta, waktu yang kalian luangkan semoga bermanfaat dalam banyak hal :)

KBJ, MAKSIMAL.

+Jeanot Nahasan  | @jeanotn2

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

4 comments:

  1. kopdar KBJ semoga selalu maksimaaal, btw ada foto saya close up di sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku punya loh foto candid yang kalau dipublikasikan bisa menggemparkan publik KBJ :)))

      Hapus
    2. aih Mj.. :)
      semoga di lain waktu bisa ikutan kopdar lagi..

      btw kamu ngga ada foto aku ya mas Jean?

      Hapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com