Cerita dan Sinopsis Film The Raid

Review film terbaru di blog ini akan membahas tentang film yang sukses memenangkan beberapa penghargaan internasional, yaitu The Raid. Film yang disutradarai oleh Gareth Huw Evans juga melibatkan musisi papan atas Mike Shinoda, salah satu personil Linkin Park dan Joseph Trapanese seorang komposer berbakat yang menggarap film Walt Disney Tron:Legacy (2010).
Film genre action / laga ini bercerita tentang sebuah perjalanan 20 orang anggota pasukan khusus dalam menjalankan misi menangkap bandar narkotik kejam bernama TAMA di sebuah gedung 30 lantai yang tak tersentuh aparat. Gedung tersebut juga menjadi tempat para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri berlindung untuk mencari tempat tinggal aman.

Gambar Cover Film The Raid

Tim SWAT mulai menjalankan misinya di pagi buta dengan diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki, namun petaka terjadi ketika mereka terlihat oleh pengintai TAMA dan penyerangan mereka akhirnya terbongkar. Dari penthouse suite-nya, TAMA menginstruksikan anak buahnya untuk mengunci gedung apartemen dan memadamkan lampu serta menutup semua akses untuk keluar gedung.

Mereka (Tim SWAT) terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh TAMA. Mereka harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka menangkap raja bandar narkoba di gedung tersebut. Selain untuk menyelesaikan misi, mereka juga berjuang untuk tetap bertahan hidup.

***

Para Pemeran Film The Raid :
  • Ray Sahetapi sebagai Tama 'Raja Bandar Narkoba'
  • Yayan Ruhian sebagai Mad Dog tangan kanan Tama
  • Pierre Gruno sebagai Wahyu ' Kapten / Komandan tim SWAT
  • Donny Alamsyah
  • Joe Taslim sebagai anggota tim SWAT
  • Ananda George sebagai anggota tim SWAT
  • Verdi Solaiman sebagai anggota tim SWAT

***

Menurut sang sutradara sekaligus penulis naskah Film The Raid, Gareth Evans :
"The Raid bukan sekadar sebuah film Laga, namun ada sesuatu yang mengajarkan kita semua sebuah kekuatan sebuah pejuangan, untuk bertahan hidup, "
Gareth Evans - Sutradara The Raid

Video Trailer Film The Raid


Prestasi / Penghargaan Film The Raid :
  • The Cadillac People's Choice Award" untuk kategori Midnight Madness dalam ajang Toronto International Film Festival (TIIF) ke-36.
  • The Best Film sekaligus Audience Award - Jameson Dublin International Film Festival 2012.
  • The Raid juga ikut serta dalam festival film Sundance 2012 dan menjadi salah satu karya yang paling disukai panitia Sundance
  • *50 film laga / action sepanjang masa versi IMDB. The Raid berada di urutan 45 dengan rating 8.0, sejajar dengan “Star Trek”, “The Adventure of Robinhood”, “Avatar”, dan “Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl”.

Rating 8.0 didapatkan film The Raid jauh sebelum film ini tayang (23/3/2012), hal ini menandakan bahwa film kedua dari PT. Merantau Films masih berpeluang mendapatkan rating yang tinggi setelah resmi dirilis.

Selain itu, berkat keberhasilan film The Raid di Toronto Film Festival 2011 dan Sundance Film Festival 2012, Sony Pictures akan kembali mendistribusikan film Berandal untuk di diedarkan di Amerika Serikat. Berandal merupakan sekuel dari The Raid yang masih disutradarai oleh Gareth Evans.


***

Film laga berskala internasional ini dijadwalkan tayang secara serentak di Indonesia, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat pada Jumat, 23 Maret 2012. 

Bagi anda penggemar film genre action, The Raid merupakan rekomendasi yang sangat tepat untuk menemani waktu santai anda bersama kerabat, pacar atau keluarga. Penghargaan yang didapat membuktikan bahwa bangkitnya perfilm Indonesia di kanca Internasional sebagai hal yang seharusnya kita banggakan diantara banyaknya film-film tanah air yang mengedepankan tontonan seks yang menggunakan "hantu-hantu nasib sial" sebagai tameng. 


Rekomendasi bintang 10 dari penulis. Wajib tonton! :)
Menurut anda bagaimana? 


*sumber gambar Kapanlagi.com

33 komentar:

  1. kemarin saya susah nonton. banyak yang antri dan banyak yg gak kebagian tiket.
    filmnya memang keren. saya setuju, rekomendasi 100% dan sangat wajib untuk ditonton :)

    BalasHapus
  2. .jadi pingin nonton....

    BalasHapus
  3. waah jadi bangga ....

    BalasHapus
  4. filmnya sangat keren, walau ada beberapa kekurangan. Seperti : terbongkarnya misi mereka, hanya gara2 anak kecil. Padahal, dlm oprasi apapun hal tsb tdk mungkin terjadi. Malah, lebih masuk akal jika misi mereka terbongkar krn tdk menyadari adanya cctv. Kemudian, kurangnya efek ledakan. Kalo tdk salah, ledakan terjadi hanya karena tabung gas aja. Padahal Lebih bagus kan, kalo mereka di lengkapi granat..? Tp, selebihnya saya sangat puas akan film ini. Gak rugi nonton…!!

    BalasHapus
  5. The Raid adalah film yg sangat direkomendasikan untuk ditonton. Karena kualitas film ini, tidak hanya diakui dalam negeri saja. Tapi juga luar negeri. Walau ada beberapa kekurangan. Seperti : terbongkarnya misi mereka karena anak kecil. Padahal, dalam oprasi spt itu harusnya anak tsb ditangkap. Malah lebih pas, jika keberadaan mereka diketahui karena tidak menyadari keberadaan cctv. Kemudian, kurangnya efek ledakan. Yg saya tau, ledakan hanya disebabkan oleh tabung gas. Padahal, mereka kan akan menjalankan misi yg berbahaya. Kenapa tdk dilengkapi granat? Granat ledak, maupun granat asap. Kan lebih keren, disamping Iko mempraktekan pencak silat, ditambah lagi efek2 ledakan yg lebih banyak… :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharing dan pendapatnya kawan :)

      Hapus
  6. Wah mantap recaps sinopsisnya bro. Gue yang belum nonton pengen sekale. masih tunggu DVD nya neh. alnnya ditempat ane bioskop udah ditutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe. semoga bisa mendapatkan DVD nya :)
      thanks gan sudah berkunjung :)

      Hapus
  7. Pesan moral dari film The Raid Redemption tersurat pada tayangan pembukaannya,pemeran utam Iko Uwais
    1. Berdoa/sholat
    2. Berusaha/berlatih fisik
    3. Pamit/ izin pada (istri yang sedang mengandung/keluarga)
    sebelum melakukan segala sesuatu.
    Sungguh memang bukan film yang asal-asalan. Mantapzzz!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan Adi, thanks atas share-nya :)

      Hapus
  8. sumpah emang keren film ini..
    salut sama semuanya..

    BalasHapus
  9. gue masih bingung dengan komandan berambut putih, yang akhirnya jadi penghianat... Dengan team cuma 20orang, Kenapa ga memanggil bantuan tentara? Padahal musuhnya bos gembong narkoba... Mati konyol tu team the raid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak tua itu punya masalah (dendam) pribadi dgn si Tama,, misi the raid sebenarnya bukan misi resmi dr kepolisian.. tp lebih misi balas dendam..

      Hapus
  10. Jujur gue Bangga sama karya anak bangsa satu ini,Good Luck For Next Indonesia
    Fightingnya gue bisa lihat real indonesia of pencak silat disana...!!!

    BalasHapus
  11. the raid film nya baguusss en keren banget
    aku paling suka waktu berantem pakek pisau,
    keren dah pokoknyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. adegan pencak silat Indonesia jika dikemas dalam bentuk film ternyata bisa membuat penikmat film dunia ber WOW WOW an.. :)

      Hapus
  12. dari triler nya JELEK. Pencahayaannya JELEK. Aktornya CULUN. Aksinya NORAK. Ceritanya DATAR dan MAKSA BANGET ni film. masih mendng film action Shah RukHan. Orang-orang ANEH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini elu katakan jelek, trus film indonesia lainnya gimana??? Kalo elu bilang jelek kenapa dapat banyak penghargaan??? jangan-jangan elu yang jelek nich... geblek dalam menilai film.

      Hapus
  13. dari segi alur cerita memang kurang bagus, tapi dari segi action memang yahud. the real silat...ga da adegan terbang2 kayak silat di sinetron. kritik dikit cuma pas adegan polisi yg diberondong peluru di mobil tetapi lokasi kayak dekat bgt dgn jalan raya, rame mobil2 lewat tp ga da yg peduli, menurut q sih seharusnya apartemennya bener2 sepi dan terisolir.
    btw ni film memang layak ditonton bg penggemar film action, sukses buat the raid 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah benar,, yg pas brondong peluru ke mobil polisi itu blunder banget.. hahaha

      Hapus
  14. gue kira The Raid itu dari pihak aparat penegak hukum dri kepolisian misalnya ternyata lebih kpda misi balas dendam ya, pantesan pas mereka bener2 dalam situasi darurat gk minta tolong ke aparat yg lain. trus settingnya juga agak kurang modern ya,
    gue salut deh untuk film ini, kalo jempol gue ada 5 gue kasih semua,hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, misi balas dendam si bapak beruban :D

      (y) (y) (y) (y) (y)

      Hapus
  15. Perfackt..film'y keren abizzz..;;

    BalasHapus
  16. Kalo menurut gw alurnya membingungkan tanpa dibahas alasan utama balas dendam karna apa, trus yg aneh pas si wahyu tiba2 menembak polisi yg membekuk si tama spa alasannya bukannya sama2 terdesak saling membantu eh malah egois, trus g dijelasin juga alur alasan andi kakak rama lebih memilih tetap tinggal di apartemen ketimbang pulang berkumpul keluarga, trus g di ceritakan juga hasil akhir dari penemusn kotak daftar hitam polisi2 korup, semestinya diperlihatkan polisi2 korup tsb dihukum dan rama n bowo mendapat penghargaan

    BalasHapus
  17. Masih menjadi misteri

    BalasHapus
  18. coba nonton dredd .... agak mirip ceritanya

    BalasHapus