FreeWebHostingArea : Layanan Hosting Gratis Kapasitas Besar dan Unmetered Traffic

Saat ini sudah banyak layanan web hosting gratis bisa kita temukan hanya dengan menginputkan kata kunci "hosting gratis" di mesin pencari www.google.com, namun masih sulit menemukan layanan hosting yang benar-benar GRATIS, menyediakan kapasitas besar dan trafik yang unmetered. Kebanyakan layanan web hosting gratis akan mempersulit calon penggunanya terlebih dahulu agar fitur "gratis" nya bisa digunakan, misalnya mengharuskan penggunanya untuk mengajak minimal 10 orang agar meggunakan layanan mereka (sejenis referal). Ada juga yang memberikan fitur sangat minim dan masa waktu gratisnya terbatas (misalnya hanya satu tahun).

Bagi Anda yang membutuhkan layanan web hosting dengan kapasitas besar dan trafik unmetered, serta penggunaan layanan gratis dalam jangka waktu tidak dibatasi, mungkin situs hosting FreeWebHostingArea.com adalah layanan yang anda cari selama ini.

Gambar 1 : Tampilan Home Situs FreeWebHostingArea
Ada dua jenis web hosting yang disediakan layanan ini :
  1. Free Subdomain Hosting : layanan ini dapat anda gunakan untuk latihan atau sekedar coba-coba dan menambah pengetahuan sistem hosting web di internet. Dalam hal ini anda tidak perlu membeli domain dan mengatur pengalihan DNS (Name Server) agar terhubung ke layanan hosting ini. Prinsipnya hampir sama ketika anda membuat blog di blogger.com atau wordpress.com, secara otomatis alamat blog anda akan menggunakan subdomain dari layanan tersebut, contohnya blog saya : jeanotnahasan.blogspot.com. Tapi jika anda memnggunakan layanan ini, anda bisa memilih subdomain apa yang kiranya anda suka. Adapun subdomain yang disediakan, antara lain :
    a. lokasi server di Amerika
    • ueuo.com
    • 6te.net
    • freevar.com
    • freeoda.com
    • freetzi.com
    • coolpage.biz
    • noads.biz
    • xp3.biz
    b. lokasi server di Eropa
    • eu5.org
    • orgfree.com

  2. Free Domain Hosting : anda dapat menggunakan top level domain (.com, .net, .org) yang anda beli sendiri untuk menggunakan fitur free web hosting. Contoh penggunaan top level domain yaitu domain web saya www.jeanotnahasan.com yang saya beli secara online di salah satu situs penjual domain.  Saya hanya melakukan sedikit konfigurasi yaitu mengganti alamat IP name server / lokasi host untuk domain saya. Saat registrasi saya memilih server yang lokasinya di eropa (Jerman).
    *biasanya butuh waktu sekitar 24 jam untuk proses pengalihan name server.
Gambar 2 : tampilan member area


Situs hosting web gratis ini menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 1500 MB dengan batas ukuran  setiap file maksimal sebesar 12 MB. Masa aktif akun anda tidak pernah habis (expire) selama web yang anda hosting memiliki minimal 1 visitor setiap bulan. Layanan hosting gratis ini mendukung php5, free MySQL 5 database (latest stable 5.5.21), phpMyAdmin preinstalled; one click database backup;  one click database import, unlimited accounts/databases allowe, account manager dengan WYSIWYG File Editor, FTP client berbasis browser, tool to set file permissions, to create directories, to create files, tool for renaming, zip/unzip utility and more) dan juga memiliki fitur one click autoinstaller yang bisa anda gunakan untuk membuat forum atau blog, yaitu Joomla, phpBB3, SMF, WordPress, Drupal, dan Mambo.
Gambar 3 : tampilan halaman one click auto installer

Adapun fitur-fitur lain yang diberikan layanan free web hosting ini bisa anda baca secara lengkap langsung di halaman depan situs www.freewebhostingarea.com. Jika ada pertanyaan, silakan dituliskan lewat komentar. Saya akan berusaha semaksimal yang saya bisa untuk menjawab pertanyaan anda :)

Layanan hosting gratis ini direkomendasikan bagi yang ingin belajar meng-upload dan mengatur web ke layanan hosting, baik itu tugas kuliah atau hanya sekedar belajar. Dapat juga anda gunakan sebagai hosting blog pribadi yang memanfaatkan aplikasi web berbasis CMS (content management system) yaitu wordpress.

Untuk mempermudah transfer file web anda ke server (tempat hosting), anda bisa memanfaatkan aplikasi ftp yang bernama FileZilla.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

12 comments:

  1. Makasih banyak neh infonya, mau coba buat wordpress self hosting dulu:)

    BalasHapus
  2. @Endy : sama sama sob :) kalau ada yang dirasa membingungkan, silakan bertanya :)

    BalasHapus
  3. aku mau cobaa ahh...
    kunbal ya mass..

    :p

    BalasHapus
  4. caranya biar file file kita yang difile manager freewebhosting biar bisa konek ke database gimana ya?
    paaaadahal udah saya seting configurasinya dengan nama diphpmyadmin bawaan freewebhosting.
    mohon panduanya.
    Trima kasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang paham maksud pertanyaannya.

      untuk info terkait data base itu ada di sidebar sebelah kanan (password, uname dsb),, nah,, pastikan kamu sudah buat databasenya pada menu "Manage DB"..

      ohy, lain kali, komentar dengan nama dan link blog/web/facebook/twitter yah :)

      biar bisa kenalan,dan saya bisa pastikan ke agan klw pertanyaannya sudah coba saya jawab :)

      Hapus
  5. bagus juga infonya bro dan aku juga pake hosting lain yg murah loe

    BalasHapus
  6. Postingan nya kren gan , numpang promo .. hoating gratis http://freehost-id.com
    thanks

    BalasHapus
  7. Cara mindahin file ke hosting lain gimana ya bos

    BalasHapus
  8. To Duitercom : download aja aplikasi ftp yang namanya FileZille gan.. instal trus login ke server hostingan dgn host name sesuai dgn server tempat kamu hosting(contohnya orgfree.com).. username dan password juga sesuai dgn username dan password akun..

    klw uda masuk server, download semua file2 yg ada di hostingan sebelumnya ke penyimpanan di laptop/komputer agan..
    klw uda, masuk ke server / hostingan lain yang via FileZila trus copy file2 yg tadi uda kamu copy sebelumnya ke hostingan baru..

    klw masih bingung pakai filezila, cari aja di google, ada banyak kok yg share panduannya

    BalasHapus
  9. hosting baru ya gan. Ane baru tau skarang. Cek dulu gan...

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com