Cara Setting LG Optimus Jadi Hotspot

Saya rasa banyak pengguna smartphone android yang sudah tahu tentang cara setting hp android menjadi hotspot. Namun, tidak ada salahnya jika cara yang sederhana ini saya share sesuai dengan pengalaman dan smartphone yang saya punya.


LG Optimus GT 540 saya jadikan hotspot karena modem Prolink milik saya sudah saya jual dengan harga yang cukup murah. Android milik saya ini sudah menggunakan ROM Gingerbread (2.3.5) dari SwiftDroid v2.0 yang berbasis CyanogenMod 7.1.0.

Secara garis besar, cara setting android jadi hotspot hampir sama di semua jenis/tipe pabrikan android. Berikut ini langkah-langkah menjadikan Android LG Optimus sebagai portable hotspot :
  1. Masuk ke menu Setting
  2. Pilih Wireless & networks

  3. Pilih Tethering & portable hotspot

  4. Centang opsi Protable Wi-Fi Hotspot
  5. Portable Hotspot untuk LG Optimus sudah aktif.

Anda juga bisa melakukan konfigurasi untuk protable hotspot yang anda buat seperti mengganti nama SSID dan mengatur kata sandi / password untuk SSID agar hanya anda dan orang tertentu saja yang bisa menggunakan hotspot tersebut untuk internetan. Langkahnya cukup mudah, bahkan sangat gampang, seperti berikut :
  1. Pada menu Tethering & portable hotspot, pilih Protable Wi-Fi Hotspot Setting
  2. Ganti nama hotspot pada kotak isian Network SSID sesuai dengan keinginan anda. Dalam kasus ini, saya menggunakan SSID www.jeanotnahasan.com. Untuk memproteksi hotspot dengan password, ganti opsi Security dari Open menjadi WPA2 PSK kemudian inputkan kata sandi pada kotak isian Password dengan syarat minimal 8 karakter.
  3. Pilih SAVE untuk selesai mengkonfigurasi hotspot.

Jika anda ingin berinternetan dengan hotspot tersebut, langkahnya sama dengan anda berinternetan di cafe atau di kampus yang menyediakan layanan hotspot.



Untuk masalah kecepatan koneksi internet, bagi saya, internetan dengan hotspot android tidak buruk dibanding internetan dengan USB modem. Sebagai bukti, saya menyertakan gambar screenshot kecepatan download hotspot android LG Optimus yang mencapai 430 KBps:


Sekian :)
Semoga artikel Cara Setting LG Optimus Jadi Hotspot ini bermanfaat.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

4 comments:

  1. pake provider apa gan? cepet banget donlotnya..

    BalasHapus
  2. mau nanya donk gan...
    agan pake hp LG GT540 juga ga?
    tolong bantu mengupgrade dari e-clair jadi ginger

    BalasHapus
  3. @Anonim : lokasi / tinggalnya di mana bro? klw dekat ane bisa bantu. hehe :)
    add fb aku aja yah www.facebook.com/jeanotn2

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com