Kotak yang Memberi Prestasi

Mungkin cukup aneh jika saya mendeskripsikannya dengan istilah 'kotak', kalian juga pasti bertanya, "apa kotak yang dimaksud oleh siPenulis..?" kotak yang saya maksudkan tersebut adalah sebuah "komputer". kotak magic yang mempunyai berjuta fungsi, dan dengan kotak inilah dunia telah berubah.
dengan kotak itu jugalah saya bisa menemukan jalan hidup saya yang sebenarnya dengan beberapa prestasi menggembirakan yang berhasil tercapai...

*** back to story with folder Black In News***
Melihat keinginan yang besar dari saya untuk memiliki sebuah komputer, akhirnya pada saat masih menggunakan seragam SMP, dengan celana biru tua yang sungguh "seksi". Ayah saya membelikan sebuah komputer dengan spesifikasi yang cukup bagus pada jamannya. sejak saat itulah saya mulai membangkitkan bakat-bakat yang terselubung dalam pribadi yang sulit ditebak ini.
Selain kedua orang tua saya, satu orang yang sangat berarti dalam hidup saya dan perjuangan saya dalam kehidupan Komputer adalah Pong Miko (Pak Miko, red). nama sebenarnya adalah Ryanto Pali', namun saya sudah keseringan memanggilnya dengan sebutan "Pong Miko". Bagi saya, beliau merupakan sosok yang sangat penting pada perkembangan teknologi (komputer) di Toraja. Sepanjang karier hidupku pun, beliau takan pernah terlupakan. Beliaulah yang banyak memberi saya pengetahuan dalam mengenal dunia komputer.
***
sejak komputer pertama itulah, hobi saya mengutak-atik komputer terlahir dan telah melekat sebagai suatu kepribadian dalam hidup. Entah apa yang membuat saya tertarik sedemikian dalamnya hingga memaksa saya untuk ingin mengetahui apa isi dari "kotak aneh yang berdiri" tersebut. Disaat ayah tidak ada di rumah, dengan cepat saya mengambil obeng yang disimpan di dalam laci meja TV, setiap skrup yang melekat aku lepaskan, casing pun ikut terlepas. rasa penasaran dan rasa bimbang serta takut untuk membongkar lebih lanjut, aku memutuskan menyelesaikan pembongkaran dan cukup untuk melihat serta mengetahui isinya seperti apa.
pada pembongkaran hari-hari selanjutnya, saya memberanikan diri untuk melepas socket yang menghubungkan bagian bagian dalam komputer ku tersebut. Hingga pada suatu saat saya ingin menyalakan komputer, untuk mengerjakan tugas dan bermain game, komputer saya tidak berjalan sebagai mana biasanya, bahkan sama sekali saya tidak bisa melakukan apa-apa karena komputer terus melakukan restart ulang setalah muncul layar berwarna biru.
Seketika itu juga saya langsung terkejut dan sangat takut jika sampai ketahuan kalau saya yang merusaknya. dengan sedikit ramuan kebohongan saya melaporkan kejadian ini kepada ayah saya. dan solusinya adalah membawa komputer ini ke Pong Miko untuk diperbaiki.
***
tak lama setelah baik kembali, komputer ku pun rusak lagi, dan itu juga seringnya karena ulah saya sendiri. Solusinya selalu sama, Mungkin Pak Miko, sudah terlalu bosan melihat komputer saya yang sering keluar masuk dan diletakan di meja tempat dia mengoperasi komputer2 yang sakit lainnya.

Karena sudah menjadi pengalaman, dengan sendirinya saya bisa mengetahui akar masalah dan penyebab dari kerusakan-kerusakan yang dialami komputer saya. sejak saat itulah saya tidak menggunakan jasa Pak Miko lagi untuk memparbaiki kerusakan komputer saya. Bahkan komputer orang lain lah yang sering saya perbaiki.
"sungguh pengalaman pahit yang memberi hasil manis", dimana dengan sendirinya kepercayaan orang datang untuk memperbaiki komputernya yang rusak. meski tanpa meminta imbalan, saya masih sering mendapatkan uang saku yang lumayan besar, yah walaupun hanya dengan "Ucapan Terima Kasih" saja, sebenarnya saya sudah merasa "sangat bangga".

Satu prestasi yang sangat membanggakan bagi saya yaitu disaat saya berhasil menjuarai perlombaan WEB Design tingkat Kabupaten. Dengan bantuan berbagai pihak, baik itu keluarga dan sahabat-sahabatku seperti Rongion Bandaso, juara I pun berhasil kami raih dengan membawa sebuah piala sebagai tanda keberhasilan yang sempat membuat saya terharu.
Keberhasilan itulah yang terus memompa semangat juangku untuk terus mengasah bakat di dunia komputer,
tidak berhenti sampai di situ, satu prestasi lagi berhasil saya ukir bersama teman2 lainnya. Kami membawa nama sekolah dengan sebuah nama team "UNIX", walau tanpa mendapat perhatian yang selayaknya dari pihak sekolah sendiri, kamipun ikut berkompetisi dengan mengorbankan uang sendiri. Kami berhasil membawa satu piala untuk peringkat ketiga lomba Cepat Tepat IT yang diselenggarakan oleh STIMIK Dipanegara Makassar.
Setelah dipersipkan menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional yang mewakili sekolah, saya dan yang lainnya ikut bersaing di tingkat Kabupaten untuk memperebutkan tiket ke tingkat Provinsi. setelah melalui proses seleksi, syukur, saya masuk dalam daftar peserta yang ikut mewakili Kabupaten Tana Toraja untuk bersaing di tingkat Provinsi. Satu hal yang mebuat saya sangat gembira dan membanggakan bagi kedua orang tua saya, sehingga saya mendapat hadia sebuah Laptop yang saya pergunakan sampai saat ini.
***
Tentunya tidak sampai di situ perjuangan saya, sebagai tanda untuk membuktikan segalah kepercayaan dari kedua orang tua, saya akan berjuang secara maksimal di kompetisi blog yang diadakan 'Djarum Black', untuk menjadi yang terbaik, sehingga kepercayaan yang telah diberikan itu tidak sia-sia.
saya juga selalu berharap dukungan dari teman-teman semuanya, karena sekecil apapun dukungan yang kalian berikan, akan sangat luar biasa besar maknanya dalam hidup saya. Doa yang teman berikan adalah hutang saya untuk bisa memberi yang terbaik.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

3 comments:

  1. aku dateng....
    maaf telat...wakh keren nih blognya.....aku doain semoga sukses ya teman

    BalasHapus
  2. waduh, dipuji lagi,, hehehe..
    blognya abang keren juga loh...
    thx yah atas doanya...
    smoga sukses juga sobat..

    BalasHapus
  3. Wah, sebuah kisah perjalanan mengukir prestasi yang sangat bagus Mot. Untuk bisa berhasil memang harus berani mencoba. Teruskan perjuangan-mu mot. :)

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com