Blogilicious Trah Yogyakarta, Istimewa dan Mengagumkan

Blogilicious Trah Yogyakarta - Ada spirit tambahan, ada rasa yang lebih nikmat, pengetahuan yang semakin luas dan tentunya "warna" yang berbeda. Semua saya dapatkan dari gelaran event roadblog IdBlogNetwork Jogja dengan tema Blogilicious yang berlangsung selama 2 hari (Sabtu, 11- Minggu, 12 Juni 2011). Lantai 3 gedung fakultas pertanian Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Yogyakarta menjadi saksi rasa kagum dari hati ini.

Nama besar pihak penyelenggara, tema kegiatan dan materi-materi yang dibahas pada kegiatan tersebut membuat saya sangat antusias untuk mengikuti kegiatan roadblog Blogilicious. Dimulai pada malam hari sebelum kegiatan dilaksanakan besok harinya (malam H-1), saya yang biasanya beristirahat (tidur) sekitar pukul 3 pagi ke atas, malam itu harus mengubah pola tidur. Tugas kuliah saya skip, optimasi blog terkait beberapa kontes juga saya pause. Ya, memang baru jam 12 malam saya sudah tidur. Andai saja kasur tempatku membaringkan badan itu manusia, mungkin dia akan bertanya dan menertawakan saya, "kok jam segini uda tidur..? haha" dan andai kasur itu memang manusia, maka saya akan menjawab, "Besok ada seminar blogilicious coy, luh diam aje, gue mau bobo manis". *lah, kok malah ngomong dengan kasur..??? skip, sudah mulai ngawur.

Blogilicious Trah Yogyakarta, Cerita di Hari Pertama Kegiatan.
Jika tadi cerita singkat terkait malam sebelum acara dimulai, sekarang saya akan bercerita tentang kisah manis, gembira dan menyakitkan pada hari pertama kegiatan Blogilicious ini. Pertama, saat saya tiba di TKP sekitar jam 10 pagi kurang, saya langsung menyesal. Mengapa saya menyesal??? jawabannya karena setelah melakukan registrasi ulang, saya mendapatkan snack dan air mineral dari pihak penyelenggara. "Lah, kok dapat snack + air mineral malah nyesal??" penyesalan terjadi karena sebelum saya berangkat ke TKP, saya mengeluarkan uang untuk membeli roti demi mengganjal perut dari kekosongan *maklum lah, mahasiswa kere. Saat itu saya beranggapan bahwa saat tiba di TKP, tidak mungkin langsung dapat sokongan untuk perut, toh roundown acaranya aja dijadwalkan pukul 12.00 siang baru dapat makan. jadi untuk menjawab ketidakyakinan saya, makanya saya beli roti agar tidak kelaparan.

Snack dari panitia sangat menolong peserta yang lupa atau belum sarapan sebelum berangkat ke TKP.
Masuk ruangan kegiatan, nada dan irama perpaduan musik angklung oleh seniman musik yang sering perform di Malioboro menyambut dengan hangat bersamaan dengan irama langkah kaki berjalan mencari tempat duduk untuk mengikuti seminar. Dari penyesalan menjadi kegembiraan dan semangat tambahan untuk mengikuti acara. Snack tersebut memberi perbedaan yang sangat nyata saya rasakan dari setiap seminar atau workshop yang pernah saya ikuti. Belum luput dari ingatan, sekitar sebulan yang lalu saya mengikuti seminar tentang salah satu Sistem Operasi di salah satu perguruan tinggi di kota Yogyakarta. Bukan hanya saya yang merasakan, tapi hampir semua peserta kelaparan saat acara berlangsung. Sebagian peserta menganggap akan ada snack yang dibagikan di awal acara. Tapi realita tidak sesuai harapan. Sementara Blogilicious Trah Yogyakarta memberikan snack sebagai pengganjal perut walaupun di roundown acara yang di publish di internet sesi ini tidak ada. Good Job, *tepuk tangan buat pihak penyelenggara.


Materi Apa Saja Yang dibahas di Blogilicious Trah Yogyakarta Hari Pertama ?
Bapak Blontankpoer (kiri), bapak Iman Brotoseno (tengah) dan bapak Amril Taufiq Gobel (kanan).
1. Tips Blogging yang dibawakan oleh bapak Blontankpoer sangat menarik, tapi menurut saya, karena penyampaian materi tidak menyertakan/menampilkan file persentasi (kata kerennya 'PPT'), maka informasi yang saya dapatkan sedikit kurang terstruktur. Tapi, hal tersebut tidak jadi masalah, karena inti dari materi yang beliau ingin sampaikan dapat dipahami dan dicernah dengan mudah.
Pada intinya, beliau lebih menekankan kepada kita (blogger) untuk menulis "dari hati", mengabaikan syarat 5W+1W, dan menggali sumber-sumber inspirasi yang ada di sekitar kita untuk di konversi menjadi tulisan.
Jika kita terfokus untuk mengikuti syarat-syarat penulisan seorang wartawan, maka (hal buruk yang akan terjadi) kita hanya tinggal berlama-lama untuk memikirkan hal tersebut, sehingga tulisan kita tidak berlanjut. kunci penyelesaianya, abaikan syarat-syarat 5W+1H, jangan terlalu fokus untuk membuat yang terbaik, karena blogging merupakan bagaian dari meluapkan unak-unek, sehingga luapkan saja semua yang kita pikirkan dengan gaya sendiri dan "dari hati".
2. Etika NgeBlog
yang dibawakan oleh bapak Iman Brotoseno memberi manfaat yang positif bagi para blogger, khususnya pada saat beliau bercerita tentang masalah hak cipta seperti ilustrasi masalah hukum terkait kasus hak cipta, dan pengalaman pribadinya sendiri. Kejadian artikel hasil karya beliau yang diduplikat dan dikomersialkan dalam bentuk buku menjadi bahan pembelajaran untuk kita agar mengatasi duplikasi karya kita yang dilakukan orang lain dan juga tidak menduplikasi karya orang lain (menjaga etika). Beliau juga berbagi tips untuk mengatasi duplikasi yaitu bergabung dengan komunitas/perbanyak teman, memasang watermark untuk konten berupa gambar dan meningkatkan pengunjung setia. Inti materi ini adalah etika dalam blogging itu sangat penting.

3. Mobile Blogging yang dibawakan bapak Pribadi Nirwana sedikit membahas mengenai perkembangan teknologi dan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk blogging dari HP android.

4. Social Media cukup menjadi materi yang menarik bagi kita yang tertarik untuk meningkatkan pengunjung blog dengan memanfaatkan sosial media seperti twitter, facebook atau media bookmarking walaupun sebagian peserta terlihat kurang mengikuti materi ini. Dari apa yang saya lihat, sebagian peserta malah tidur. Materi ini dibawahkan oleh seorang blogger muda yang bernama Dimasz Maualana

5. Blog Menetizing merupakan materi paling ditunggu-tunggu hari itu, materi langsung dibawakan oleh pihak IdBlogNetwork, yaitu mas Kukuh TW
dan mbak Mubarika Darmayanti. Materi ini mengarah pada penjelasan profil IBN itu sendiri dan kiat-kiat untuk memperoleh pendapatan dari blog. Dijelaskan juga mengenai Netizen di awal-awal materi.

Selain 5 materi di atas yang dipublikasikan di web kegiatan, masih ada 2 materi tambahan, yaitu penjelasan tentang profil Berniaga.com (salah satu sponsor kegiatan Blogilicious) yang dibawakan langsung oleh ownernya Bapak Julian dan materi tentang Komunitas Blogger Asean oleh bapak Aris Heru Utomo.


Minggu Yang Damai, Ilmu dan Semangat Blogging di Hari Kedua Kegiatan Blogilicious Trah Yogyakarta.
Sama seperti malam sebelumnya, saya lebih cepat tidur dengan harapan lebih cepat bangun di hari minggu, tepat dengan hari ke-2 berlangsungnya kegiatan Blogilicious Trah Yogyakarta. Bangun pagi rasanya saya mendapat sugesti yang berlebihan, semangat baru dan antusias yang tinggi untuk kegiatan ini mengalir dengan deras. Barang pertama yang saya cari adalah jam. Saya kadang parno (bukan porno) kalau baru bangun pagi, "telat" sepertinya sangat menakutkan bagi saya. Setelah mendapati jam, saya lihat agak lama untuk memastikan saya tidak telat bangun. "Ternyata saya masih bisa online, " ungkap ku dalam hati. Leptop kesayangan ikut dibangunkan, modem di colok dan connect to internet, next buka browser kemudian update status.

Sesi Blogpreneur, terlihat bapak Eko SHP posisi di kiri menggunakan baju hijau.
Hari kedua jelas lebih bersemangat, materi yang berbobot dan pembawa materi juga berkualitas. Materi pertama berbicara tentang Blogpreneur yang dibawakan oleh Bapak Eko SHP. Pagi yang indah untuk seorang peserta yang langsung mendapatkan uang sebesar Rp. 100.000 dari bapak Eko SHP.  Untuk menjadi seorang entrepreneur  maka dibutuhkan action dan juga kreatif. Itulah kunci sukses peserta yang mendapatkan hadiah dari bapak Eko SHP, karena action dia lebih dari yang lain makanya dia dapat rejeki. Materi selanjutnya membahas masalah Security yang dibawahkan oleh mas Aldy Terren. Sangat menarik dan pembahasan yang terstruktur, karena materi ini memberikan kita banyak informasi seputar dunia security seperti tingkatan hacker/penyerang/peretas, teknik penyerangan dan tips untuk menghindari serangan itu sendiri. Tapi sayangnya pembahasan mengani tips menghindari serangan bagi blogger pengguna software CMS Joomla masih kurang menurut saya.

Master SEO Suryaden (kiri) dan master theme desain N Jauhari (kanan) menjadi pembicara setelah makan siang.
Setelah ISHOMA, giliran master Suryaden yang membawahkan materi seputar SEO. Apa yang dijelaskan mas Suryaden agak bertolak belakang dengan penjelasan Bapak Blontankpoer yang sehari sebelumnya membawakan materi Tips Blogging. Jika bapak Blontankpoer agak mengabaikan syarat sebuah tulisan 5W+1H, maka mas Suryaden lebih menekankan agar kita mematuhi syarat 5W+1H tersebut. Bagi saya cukup membingungkan, namun semua tetap kembali pada pilihan atau style masing-masing, tergantung kita sendiri, mengabaikan atau menjadi fanatik dengan syarat tersebut yang penting kita tetap berbagai dari hati dan memperhatikan etika. Materi terakhir adalah Themes Design yang dibawakan oleh mas atau bapak N Jauhari (bingung mau manggil mas ternyata sudah punya anak, mau panggil bapak tapi masih muda alias belum ada ciri-ciri seorang bapak). Mas atau bapak N Jauhari lebih memfokuskan Themes Design untuk platform wordpress. Materinya cukup sulit untuk saya ikuti karena tidak langsung dipraktekan dan juga sangat cepat saat melakukan demo desain theme.

Disela-sela acara juga sempat diumumkan pemenang kontes mini SEO untuk kota Makassar  (www.rizved.com) dan kota Surabaya  (www.syafir.com) oleh mbak Raden Ajeng Nunuk. Selamat ya untuk masing-masing pemenang yang berhak atas hadiah samsung galaxy mini.

Cerita Mengesankan dan Menyakitkan dari Hati Selama 2 Hari Kegiatan.
Di hari pertama, sambutan musik angklung sudah memberikan warna yang berbeda.
Doa pembuka serta nilai nasionalisme yang ditunjukkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya mengawali rasa kagum saya pada kegiatan ini. "Sangat jarang yang seperti ini, IdBlogNetwork dengan Blogiliciousnya memang berbeda dan mempunyai 'warna' sendiri", ucap ku dalam hati. Nah, satu kejadian lucu terjadi ketika semua yang hadir di tempat itu menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Indonesia Raya Merdeka-merdeka, Tanah ku, Negeri ku yang ku cinta.
Indonesia Raya Merdeka-merdeka, Hiduplah Indonesia Raya.
Kedua bait di atas seharusnya dinyanyikan dua kali sebelum lagu selesai. Tapi, MC yang membuka acara tersebut langsung memotong mengira lagu sudah selesai, padahal kedua bait di atas baru dinyanyikan satu kali. But, meskipun sempat dianggap sudah berakhir, semua yang hadir masih tetap melanjutkan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga selesai, sesaat setelah MC mengucapkan maaf atas kekeliruan yang dilakukannya.

Makan siang yang very delicious. Jadi bukan hanya materi yang mengesankan, tapi makan siangnya juga memberi kesan dan terasa lebih maknyosss.. 

Bukan hanya saya yang menikmati, mas Fery Yunus Madao (tongkonanku.blogspot.com) juga terlihat begitu lahap menyantap makan siang di hari kedua.

Dapat bingkisan menarik dari stand sponsor (Berniaga.com) setelah melakukan registrasi ke Berniaga.com dengan menggunakan facebook.

Dapat hadiah dari Bapak Amril Taufiq Gobel (Pemilik www.daengbattala.com) berupa buku dengan judul "Narsis (Narasi Romantis)" setelah berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan beliau terkait materi blogpreneur.
Saya juga bertemu dan berkenalan langsung dengan dua blogger yaitu Mas Tomi Purba (tomipurba.net) dan Mas Andreas Andre (andreasandre.net) yang (pernah) kuliah di kampus yang sama (prodi yang sama dengan saya). Foto di atas adalah foto mas Tomi Purba dengan mbak Mubarika, mas Andre hilang entah kemana alias belum sempat foto.

Sesi penyerahan cinderamata yang diberikan oleh ketua panitia lokal ke pihak IBN.

Sesi Pemotretan (foto di atas diambil saat panitia lokal menyerahkan cinderamata ke pihak IBN), "Semua lensa tertuju padamu". Bukti betapa antusias nya peserta Blogilicious Trah Yogyakarta.

Hadir juga beberapa sahabat blogger dari Surabaya.

Foto dengan Bapak Amril Taufiq Gobel yang tergolong sebagai blogger kelas berat. Beliau juga yang memandu jalannya acara (narator) kegiatan Blogilicious Trah Yogyakarta.

Foto dengan mbak Mubarika Darmayanti, salah satu owner IBN yang sangat ramah dan dekat dengan para blogger. Senyuman nya sangat mempesona. Dan taukah anda, saya adalah orang yang paling malas di foto (silakan cek sendiri di FB saya, ada berapa foto saya yang bisa anda dapatkan?). Tapi karena ini event yang istimewa, maka saya memberanikan diri (maksa pede) untuk berpose dengan orang yang istimewa.

Kisah pahit terjadi ketika saya 2 kali gagal mendapatkan doorprize job review bernilai 1 juta rupiah. 2 hari berjuang, mengikuti kata-kata bapak Eko SHP "action" dan 2 kali pula gagal. Yang pertama takluk dari Mas Tomi Purba dan yang kedua takluk dari mas Achmad Zulfikar karena masalah jumlah. hahaha,, jumlah menentukan prestasi, karena jumlah, job review gagal diraih. Tapi, sebenarnya tidak jadi masalah, karena nafsu saya untuk berjuang mendapatkan job tersebut telah memberi kesan yang luar biasa. Masih banyak kesempatan untuk mendapatkannya. Kuncinya tetap bordoa dan bersyukur + tetap tersenyum seperti apa yang dikatakan bapak Eko SHP dalam materinya tentang entrepreneur.

Apa Saja Harapan Jeanot Nahasan untuk Kegiatan Roadblog Kedepan?
Saya berharap agar
IdBlogNetwork menjadi Pilar Blogger Menemukan Karakter dan Jati Diri sesuai dengan visi misi IdBlogNetwork. Karakter setiap blogger dengan gaya masing-masing, karakter yang peka untuk berbagi pada sesama dengan nilai-nilai yang positif. Banyak blogger yang keliru dengan jati dirinya, sebagian hanya memikirkan uang tanpa mempedulikan konten, sehingga masih banyak blogger yang non-IBN menggunakan konten-konten porno untuk meningkatkan pengunjung. Harapan saya, IBN merubah arah pemikiran mereka, langsung dekati pemilik blognya dan usahakan jangan menunggu mereka yang datang ke IBN.

Selain itu, saya juga berharap agar IBN mengajak blogger tidak hanya berbagi melalui tulisan, tapi berbagi melalui aksi. Bukan hanya melalui dunia maya, tapi langsung terjun ke dunia nyata. Misalnya dengan kegiatan "Blogger Ngamen Untuk Pendidikan" atau "Dari Hati Blogger Untuk Indonesia Sehat".

Harapan lainnya, IBN dengan Blogilicious-nya tidak hanya melakukan seminar tertutup, tapi juga dengan kegiatan outbound. Saya berharap dengan kegiatan outbound, blogger juga diberikan materi tentang nilai-nilai psikologis, seperti nilai bekerja sama, nilai berbagi, saling menghargai dan nilai-nilai positif lainnya. Saya melihat, bahwa keakraban blogger yang hadir dalam acara belum maksimal, hanya yang duduk berdekatan saja yang mencoba untuk saling mengenal.
Maya ke Nyata, Nyata kembali ke maya. 


***
Tak lupa checkin dan update di facebook dari dalam ruangan, bukti kebanggaan saya akan acara ini

"Saya sangat bangga dan bahagia ada di tempat itu selama dua hari, penuh kesan dan cerita yang tidak sanggup saya luapkan semuanya dalam tulisan ini. Ketika senyum hangat menyapa, kedekatan yang terjalin dengan blogger lainnya. Banyak inspirasi dan motivasi untuk maju. Foto, salam hangat dan senyum manis mbak Mubarika Darmayanti memberi rasa haru bagi saya. Mereka dekat dengan kita dan begitu peduli dengan kita. Terima kasih Tuhan, terima kasih IdBlogNetwork, terima kasih semua sponsor acara dan terima kasih untuk semua sahabat blogger. Hari yang indah di saat saya menyadari 'Kontent adalah raja, konten sangat Istimewa, seperti Istimewanya kota ini dan istimewanya IdBlognetwork di mata blogger'. Blogilicious Trah Yogyakarta, semangatmu dan ceritamu untuk Jogja Istimewa. Salam blogger" 
- Jeanot Nahasan Menulis (13 Juni 2011).

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

32 comments:

  1. mantabbb mas.. fotonya saya download ya mas hehehe..
    terutama yg foto saya ma mba rika.. gak upload ke FB nya IBN mas?

    BalasHapus
  2. Mantap diks! Saya yakin kali ini, dirimu tidak akan gagal untuk ketiga kalinya. Galaxy Mini pasti jatuh ketangan dirimu. :D

    BalasHapus
  3. Sabar yah mas Jeanot, kegagalan merupakan awal dari kemenangan yang tertunda :)

    Kurang banyak doa sih, jadi tebak2kan nya beda tipis dehh.. Kalau sudi mampir nih kalau mau tahu apa saja yang ada di Blogilicious "Trah" Yogyakarta.. simak di : http://www.gudangmateri.com/2011/06/ada-apa-di-blogilicious-trah-yogyakarta.html

    BalasHapus
  4. Wah kemaren belum sempet kenalan ya mas.. soalnya saya telat dan cuma ikut di hari kedua.... di paling belakang pula.. hehe

    BalasHapus
  5. @Tomi : oke kang,, saya belum upload ke facebook..

    @Tongkonanku : wkwkwk... amin

    @Administrator : saya sudah berkunjung sob.. terima kasih... meskipun menyakitkan.. wkwkw

    BalasHapus
  6. Kalau keywordnya Blogilicious Jogja Istimewa bisa perang keyword ya mas.. hehe

    BalasHapus
  7. Ndak bunuh diri kan om?? 2x ndak dapat review :))

    BalasHapus
  8. Mantab2 sagat detail :D

    BalasHapus
  9. mantap gan,,,follow back ya gan,,,

    BalasHapus
  10. @Kang Dhani : wah,, kenalan lewat blog aje deh mas kalau gitu.. hehe

    @Blogger Sragen : wkwkwkw.. enggaklah kang.. masih banyak kesempatan.. gagal yah tetap bersyukur.. hehe,, perbanyak doa, semoga dapat job review di lain kesempatan.. :D

    @Azhie : wah,, thanks mas.. makasih sudah berkunjung..

    @S7 Group : ngiri apanya nih sob :) ?

    @Dony : ok sob,, sudah saya follback.. thanks yah :D

    BalasHapus
  11. wahh mosok 2x masuk final belum juga dapet job reviewnya hehehe mungkin yg ke 3x-nya dapet yaa hhehehe :D

    BalasHapus
  12. Ikutan memantau dan belajar dengan mas jeanot. salam kenal mas soalnya kemarin belum sempat berkenalan.

    BalasHapus
  13. keren pak bos, moga sukses.... he....

    BalasHapus
  14. wah ulasannya lengkap banget mas. sayang kemaren saya buru2, masi ada urusan lagi soalnya.

    BalasHapus
  15. Sepertinya lengkap sudah ulasannya, saya malah ga selengkap ini. Mantep bener.

    Gimana nih kekurangan panitia lokal kok ga di senggol?

    BalasHapus
  16. Salam kenal bro, mantab ulasannya ... moga2 cepet dapet job review dari IBN :D

    kl sempat mampir ke http://goo.gl/eHb6n

    BalasHapus
  17. @Bimasakti : haha... tetap tersenyum gan :)... amin.. thanks mas atas doanya :D

    @Ajurna : salam kenal balik sob.. thanks sudah berkunjung

    @komputer : amin sob.. :)

    @andre : wah... pantesan hilang dari peredaran :p

    @mas-tony : haha.. saya sangat semangat dan sangat terkagum2.. makanya yang mines2 itu gak kepikiran... kayaknya minesnya hanya ada pada pak Ketua yang gak berani ngomong di depan umum.. wkwkwkw

    BalasHapus
  18. mas ikutan kontesnya gak mas??
    saya ikutan nih, hehehehehe
    pemula ikutan kontes,,

    oh ya, ini kunjungan pertama saya mas, semoga kita dapat menjalin silahturahmi yang baik..

    BalasHapus
  19. Salam.

    Tulisan yang mantap dan lengkap.
    Yogya dan Indonesia perlu blogger seperti anda.
    Berkemauan kuat dan tak pernah patah semangat meskipun gagal berkali-kali.

    Salam sehati

    BalasHapus
  20. mantap mas.. lanjutkan.. hehe

    BalasHapus
  21. daftar lombanya dimana nih mas?

    BalasHapus
  22. Salam kenal sesama blogger Jogja ya mas bro :)

    BalasHapus
  23. Mantap reportasenya dan ditunggu resensi buku Narsisnya ya? hehehe

    BalasHapus
  24. Salam Gan!!! Yuk Mari Menghasilkan Kontent adalah Raja @.@

    BalasHapus
  25. kenagan yg tidak dapat terlupakan Blogilicious Yogya emang muantepp :D

    BalasHapus
  26. nice ^^
    hohohohoohoho

    BalasHapus
  27. keren,,,hidup blogger indonesia.salam kenal dari blogger palembang

    BalasHapus
  28. @To all : thanks yang sudah berkomentar dan ngasih support saya di kontes semi seo blogilicious trah yogyakarta :)

    @Pak Eko : saya slalu berjuang krn saya yakin, kesempatan dan peluang itu bisa datang berkali2,, dan tidak selamnya hanya satu kali.. :)

    @Mas Andre : di forum facebook idblognetwork mas.

    @Pak Amril : ok.. pak,, sudah di draft :)

    @Mas Sandy : tanggal 27 Juni klw gak salah :)

    @Meri : salam kenal balik, hidup blogger..

    Salam blogger semuanya untuk blogilicious trah yogyakarta

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com