idblognetwork Pilar Blogger Menemukan Karakter dan Jati Diri

"Orang yang hebat adalah mereka yang bisa menemukan karakter dan jati dirinya sendiri pada arah yang positif".

Setiap dari kita lahir ke dunia ibarat sebuah lembaran kertas putih polos yang belum terisi tulisan, gambar atau goresan sedikitpun. Dalam proses hidup dan berkembang, kita terus menerus berdinamika dalam lingkungan hidup masing-masing. Mulai dari keluarga, lingkungan masyarakat sekitar rumah bahkan berdinamika dengan masyrakat dunia yang mungkin secara fisik tidak pernah bertemu secara langsung. Perkembangan teknologi lah yang membawah kita ke arah tersebut atau dengan kalimat singkat "dinamika global".

Dalam proses berdinamika tersebut, kita dapat mengenal diri kita sendiri dan orang lain di sekitar kita. Mengenal diri sendiri adalah kunci untuk bisa menemukan atau membangun karakter dan jati diri yang positif dan juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Mungkin tak perlu terlalu jauh mengambil konteks berdinamika ini dalam jangkauan global. Dalam kehidupan masyarakat nusantara kita sudah bisa mengkaji nilai-nilai dalam berdinamika untuk menemukan karakter atau membangun karakter itu sendiri pada masing-masing pribadi. Social media seperti blog dan facebook telah membantu kita masyarakat nusantara yang tersebar dari Sabang sampai Merauke untuk berdinamika.

Dengan blog, kita bisa saling bertukar informasi. dengan blog kita bisa menyampaikan isi curahan hati, keluh kesah dan opini yang muncul dari suatu permasalahan. Dengan blog, kita juga bisa meningkatkan kesejahteraan dan dengan blog kita bisa menemukan jati diri sendiri.

Blogger Indonesia membutuhkan suatu jaringan yang bisa membantu kita untuk meningkatkan dinamika sosial dari dunia maya menuju dunia yang real. idBlogNetwork adalah jawaban dari harapan saya sendiri yang terwujudnyatakan melalui program-program berbobot dan berkarakter yang disediakan oleh idBlogNetwork.

id = Indonesia; blog = social media untuk berdinamika; network = jaringan.
jika digabungkan, maka kita dapat mengartikannya sebagai jaringan yang mempersatukan blogger indonesia untuk berdinamika.
Salah satu program atau acara yang berkarakter dari idBlogNetwork adalah kegiatan Roadblog. Sebagian dari anda akan bertanya "apa itu roadblog?". Roadblog adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh IDblogNetwork dalam rangka untuk memperkenalkan kepada para blogger maupun masyarakat non-blogger mengenai jaringan yang memfasilitasi Advertiser / brand untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesi. Kegiatan ini dibungkus dalam bentuk seminar yang berlangsung selama 2 hari dan menyajikan topik seputar dunia blogging.

Dari fasilitas yang desediakan oleh pihak IDBlogNetwork, proses dinamika antara blogger (publisher) dan pihak advertiser dapat terjadi. Memang tidak terasa secara langsung, tapi dengan mengalirnya recehan ke rekening kita berkat iklan atau job review yang didaptkan, secara tidak langsung proses dinamika itu terjadi.
Kita bercerita tentang pruduk mereka dan mereka memberikan hadiah, maka proses timbal balik itu terjadi dan itulah yang saya maksud sebagai dinamika.

Kegiatan roadblog dari idBlogNetwork tahun 2011 ini mengusung tema BLOGILICIOUS. Wow,, dari namanya saja sudah terasa betapa deliciousnya kegiatan ini. Dari kegiatan ini, saya sangat berharap agar idblognetwrok dapat menjadi pilar blogger untuk menemukan karakter dan jati diri.

Melihat visi dan misi dari kegiatan ini, saya merasa bahwa harapan saya agar idblognetwrok dapat menjadi pilar blogger untuk menemukan karakter dan jati diri ternyata bukan hanya sekedar harapan. IDBlogNetwork sangat berbeda dengan fasilitator advertiser-publisher lainnya.

Karakter yang dapat menjadi teladan bagi blogger yang lain, baik mereka yang sudah lama bergelut di dunia blogging maupun mereka yang baru ingin memulai blogging. Karakter blogger yang positif dan peduli untuk berbagi yang terbaik itulah harapan saya.

Bagi saya, mendapat uang dari hasil job atau iklan di blog adalah sebuah bonus untuk memacu semangat. Karena saya sudah cinta dengan blogging, saya tidak terlalu fokus untuk berburu dollar. Saya merasa saya sudah menemukan jati diri saya di blog. Tempat saya berbagi cerita dan berkeluh kesah. Besar harapan, IBN ikut membantu para netter agar mereka bisa menemukan jatidiri yang baik dalam hidup.

[org pintar pasti punya komentar, so jgn malu untuk berkomentar, saran dan kritik]

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

1 comments:

  1. tak tunggu sambungannya bro. salam.

    anak sadhar juga?

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com