Dukung Tana Toraja Menjadi Warisan Budaya Dunia

Share & Comment
Jepang mendukung usaha Indonesia menjadikan Tana Toraja sebagai nominasi warisan dunia. Untuk itu, Jepang akan ikut dalam upaya konservasi di Tana Toraja, khususnya terkait dengan rumah adat di daerah itu.


Warga mengusung keranda jenazah dalam karnaval di Rantepao, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat 31 Agustus 2007.




Pemerintah Jepang memiliki banyak ahli dan data yang kuat dalam konservasi.
-- Hubertus Sadirin


Dukungan ini disampaikan dalam pertemuan antara delegasi Indonesia dan Jepang di Poznan, Polandia, Sabtu (11/9/2010), Pertemuan dilakukan setelah usainya Pertemuan Para Menteri Kebudayaan Asia dan Eropa (Asia-Europa Culture Minister Meeting/ASEM) yang keempat pada 9-10 September di Poznan yang dihadiri oleh perwakilan dari sekitar 40 negara di Asia dan Eropa.
Dalam pertemuan ini, delegasi Indonesia antara lain terdiri dari staf ahli Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Hari Untoro Dradjat, Direktur Peninggalan Purbakala Junus Satrio Atmodjo dan Hubertus Sadirin. Sedangkan anggota delegasi Jepang antara lain Seiichi Kondo dan Koji Kitayama dari Departemen Hubungan Kebudayaan Pemerintah Jepang.
Selain konservasi rumah adat Tana Toraja, menurut Sadirin, Pemerintah Jepang juga menyatakan minatnya dalam konservasi rumah adat di Nias, Sumatera Utara. "Pemerintah Jepang memiliki banyak ahli dan data yang kuat dalam konservasi. Bantuan itu yang kita butuhkan dalam kerja sama ini, terutama dalam proses nominasi Tana Toraja sebagai warisan dunia," kata Sadirin.
Menurut Sadirin, dukungan Pemerintah Jepang ini merupakan bagian dari kerja sama proyek konservasi antara Jepang dan Indonesia yang telah dimulai pada tahun 1998. Kegiatan lain yang telah dilakukan dalam kerja sama ini, antara lain dalam konservasi istana tua Sumbawa di Nusa Tenggara Barat yang telah dimulai pada tahun 2006.
Istana Tua Sumbawa yang dibangun dari kayu jati dan memiliki 99 tiang ini, merupakan salah satu warisan budaya penting dari Raja Sumbawa.

(src : kompas.com)
Ayo, dukung Tana Toraja dan budaya Indonesia lainnya menjadi warisan dunia dan tetap menjadi milik Nusantara, sebelum dicuri ama tetangga* loh.. 
sip, Aku dan Kamu Bisa 

[org pintar pasti punya komentar, so jgn malu untuk berkomentar, saran dan kritik]
Tags: , , ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

15 comments:

  1. Jadi bangga dech jadi anak Toraja. Saya juga akan sangat mendkung jika Tanah Toraja dijadikan warisan budaya dunia. Karena memang di Negara dan di daerah lain budaya yg khas hanya ada di TATOR. sayang kalau pudar bahkan lenyap oleh modernisasi

    BalasHapus
  2. Semua yang telah kita miliki memang harus dijaga. keindahan yang telah melekat telah menjadi anugerah, bahkan sebelum kita lahir. untuk itu lakukan hal yang terbaik untuk menghargai semua itu. warisan ini adalah milik kita sepenuhnya, para generasi mudah penurus bangsa dan juga kelak menjadi milik anak cucu kita. buatlah mereka bangga agar esok mereka bisa merasakan semua keindahan ini. mari jaga dan lestarikan budaya Nusantara, spesial Tana Toraja, ayo Tian, Aku dan Kamu Bisa!!

    BalasHapus
  3. Saya juga sangat Mendukung Tana Toraja menjd Warisan Dunia.
    Salama' lako mintu sangtorayaan.

    BalasHapus
  4. Pia kampung : nice.. semangat sangmane aihihi.. Salama' duka


    Bunga : Thanks, ayo berjuang melestarikan budaya Toraja dengan blog.

    BalasHapus
  5. asyiik.. ada votenya ga nih kak jean? :D

    BalasHapus
  6. Secangkir Teh : salam hangat balik *(meskipun sudah sedikit dingin.HAHA). Sumbawa dan semua budaya di Indonesia harus kita lestarikan. setuju Gan..!!

    Aurora : kyknya vote'y blum ada *(mungkin memang g' ad), tapi kita harus tetap mendukung dengan cara kita (sebagai Blogger), menulis adalah media yang tepat, melestarikan budaya dengan blog sehingga semua orang bisa mengenal budaya Toraja dan budaya2 Nusantara lainnya. Ini akan jauh lebih efektif, bahkan hingga 1000 atw sejuta thn lagi selama google, blogger, wordpress dsb masih ada, Budaya Toraja tak akan pernah lekang dikenal org. dan dengan sendirinya telah menjadi warisan bagi generasi2 berikutnya.AMIN.. ayo (torropa)HAHA.smangat yoh

    BalasHapus
  7. Sob gw folow kamu ke 58 folow balik ya sob :D tanks ya >====================================================>

    BalasHapus
  8. dukung terus toraja menjadi warisan dunia.

    BalasHapus
  9. mantap bro kapan kapan ajari ngeblog juga soalnya blognya baru mulai ini....

    BalasHapus
  10. Cybers : sipp gan, thanks yah dah berkunjung dan follow blogku. :)

    mazzpran & Toraja Komunitas: mantap bro!! thanks

    Endie : thanks bro, klw ada kesimpatan pasti kita akan berbagi ilmu... keep your light's on for blogging.. hehehe

    BalasHapus
  11. setuju.. Tradisi Toraja memang superunik, terutamna rumah adatnya

    BalasHapus
  12. terus gmana hasilnya?
    btw salam kenal.. :D

    BalasHapus

 

Recent Posts

Follow by Email

Cari Blog Ini

Memuat...
Copyright © Jeanot Nahasan | Designed by Templateism.com