Dukung Doakan, sukseskan dan ikutlah berperan serta dalam rencana Pertemuan Akbar Perantau Toraja

 Dukung Doakan, sukseskan dan ikutlah berperan serta dalam rencana Pertemuan Akbar Perantau Toraja 27-30 Desember 2010. Dengan Semboyan kegiatan :

Misa' Kada di Potuo Pantan Kada di Pomate, Masyarakat Toraja Sikamali' Siangkaran, Sirande sia Sipakatana "Banua Ri Na Sikambela, Apa Iya Tu Inaya Tontong Sikala' Rambu Ruaya.

Ada pun Agenda kegiatan adalah sebagai berikut :

1.Pameran Kerajian, seni dan budaya di Art Center Rantepao Toraja UtaraTanggal 27-30 Desember 2010. Kerajian seperti pandai besi, kerajinan ukiran, kain tenun (Sa’dan dan Simbuang) dan berbagai jenis kerajian khas Toraja perlu mendapat perhatian untuk ditampilkan dalam paneran ini. Tujuan lain kegiatan ini, selain menampilkan bentuk kerajinan, seni dan budaya Toraja juga dalam kaitan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal, dan mancanegara. Bahkan kalau kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara tetap setiap tahun, maka akan dimasukkan ke dalam kalender event dari Pemda Toraja Utara dan Tana Toraja.

2. Penghijauan. Penghijauan dimaksudkan untuk membantu masyarakat di lokasi yang kritis untuk menanami lokasi mereka sehingga ke depan apa yang mereka tanam akan menghasilkan sesuai untuk memenuhi sebagian kebutuhan masyarakatnya. Untuk kegiatan ini akan diadakan survey untuk menentukan tanaman apa yang cocok, bagaimana system pengelolaannya, apa kegunaan bagi masyarakat secara menyeluruh dan secara khusus masyarakat sekitar serta bagaimana partisipasi masyarakat sekitar dalam program ini. Jadi pendekatan yang akan digunakan adalah bagaimana mengembangkan potensi lokal dalam soal penghijauan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Survei September – Oktober 2010.

3. Penghijauan kota. Salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah bagaimana menghijaukan kota dengan menyiapkan pot bungah berupa pot cor dengan ukuran diameter 60 cm dengan tinggi 50 cm sebanyak 50 buah untuk Tana Toraja dan 50 untuk Toraja Utara.

4. Kebersihan kota. Dalam kebersihan kota akan disiapkan 20 tong sampah permanen di Toraja Utara dan 20 buah di Tana Toraja yang akan dibuat dengan koordinasi dengan Dinas Kebersihan Tana Toraja dan Toraja Utara. Adapun ukuran tiap tong sampah adalah tinggi 120 cm, lebar 100 cm dan lebar 150 cm. Mengenai penempatannya akan dikoordinasikan dengan Dinas kebersihan dan Dinas Tana Kota dan instansi terkait lainnya.

5. Bakti Sosial berupa pengobatan gratis dan donor darah dilaksanakan pada tanggal 27-28 Desember 2010 di Makale dan Rantepao atau lokasi yang dianggap lebih membutuhkan sesuai hasil survey lapangan.

6. Ibadah Natal Oikumene dan KKR Sang Torayan di Nanggala Tanggal 29 Desember 2010.

7. Pertemuan Peduli Toraja dirangkaikan dengan Pagelaran seni dan Budaya di Lapangan Bakti Rantepao Tanggal 30 Desember 2010. Dalam kegiatan ini juga akan dicanangkan beberapa prgoram jangka pendek, menengah dan jangka panjang serta wadah yang akan menaunginya.

Dalam kegiatan ini kita menggandeng dan ingin menjalin kerjasama dengan semua kalangan warga Toraja dari berbagai latar belakang dan karakter yang berbedah maupun kerukunan-kerukunan Toraja yang tersebar di dalam dan luar negeri, ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam membangun tanah kelahiran kita tampah melihat perbedaan-perbedaan dalam golongan keluarga, jabatan dan nama, namun kita harus komitmen bahwa kita semua adalah warga Toraja dan memiliki tanggung jawab dan talenta yang Tuhan percayakan kepada kita pribadi lepas pribadi untuk berperan serta dalam membangun darah, sekecil apa pun itu tentu tidaklah menjadi tolak ukur tetapi sejauh mana kepedulian kita dalam menumbuhkan motto yang tertuang dalam Tema kegiatan ini sebagai wujud nilai-nilai yang sesuai dalam tatanan kehidupan bermasyarakat warga Toraja di berbagai pelosok dan penjuru dunia.

Terima kasih kepada semua sahabat perantau dan warga Toraja yang mendukung Kegiatan sosial yang berkelanjutan ini, harapan kita lahir sebuah wadah bersifat independent dan tidak berkaitan dengan kepentingan politik praktis serta kepentingan golongan dan pribadi. Kegiatan ini merupakan aksi social dan wujud kepedulian kita dalam tanggung jawab serta peranan serta sumbangsih positif bagi Tondok Toraya kampong halaman kita bersama.

Sahabat yang rindu membantu dan mendukung kegiatan ini dapat menyalurkan tanda kasih yang tulus melalui rekening Donasi Peduli Kampung Halaman dalam Kegiatan Pertemuan Akbar Perantau Toraja 27-30 Desember 2010 yang di pusatkan di Art Center Rantepao Toraja Utara, Kota Makale, Kecamatan Nanggala dan beberapa daerah terpencil lainnya.

Bila Bapak / Ibu / Saudara(I) dan para donatur rindu untuk menyampaikan tanda kasihnya, dalam mendukung dan ikut berperan serta dalam menyukseskan kegiatan kita bersama ini, dapat ditransfer ke rekening Panitia Pertemuan Akbar Perantau Toraja dibawah ini Atas Nama LILING TODING ALLO QQ PERANTAUAN melalui rekening Bank Mandiri dan BRI sebagai berikut


BANK RAKYAT INDONESIA/BRI CABANG RANTEPAO REK.0232-01-033610-50-6

BANK MANDIRI CABANG RANTEPAO TORAJA UTARA No. Rek: 152.00.11221740

Data informasi dan semua keterangan serta transparansi kegiatan ini dapat diakses melalui grup facebook Panitia Pertemuan Akbar Perantau Toraja Desember 2010 dan dalam waktu dekat dapat diakses melalui website panitia.

Jumlah donasi/tanda kasih bukanlah menjadi tolak ukur dari uluran tangan dan kepedulian kita, namun ketulusan dan wujud nyata dari kepedulian kita bersama dan kini tibalah saatnya kita semua sebagai warga masyarakat yang ada di Toraja maupun di tana perantauan bergandengan tangan dalam memberikan ide, buah-buah pikiran. dan tanda kasih dalam menyukseskan Pertemuan Akbar Perantau Toraja 2010 serta tindakan nyata bagi kampung halaman.



Baik kepada kita semua yang punya waktu untuk kembali pada bulan desember maupun yang berada jauh dari tanah kelahiran kita dapat berperan dalam membantu Kegiatan sosial ini dengan cara mempromosikan/mensosialisasikan, juga membantu dalam pencarian dana lewat pembelian kaos oblong @Rp. 75.000 kaos berkerah @Rp.100.000,- , Kemeja Bordir @Rp.200.000,- (Harga belum termasuk ongkos kirim diluar Toraja dan Makasar).

Sahabat yang rindu juga dalam membantu panitia dalam bentuk tanda kasih melalui donatur dan proposal dapat memnghubungi
Contact Person Panitia di bawah ini :

Hasriel Sibala/Real
081340164694 085657383694

Bunda Liling Toding Allo
081314776889

Aleksander Mangonting
081342493774

Nicodemus
085232813449

Herson Pasuang
081355169140

email: panitia.papt2010@yahoo.com Tirta Spa Salon & Teraphy Lokasi:Jlan Landorundun No. 25 Rantepao Toraja Utara, Indonesia

Visit to Group on Facebook Pertemuan Akbar Perantau Toraja Desember 2010 http://www.facebook.com/group.php?gid=135140839838154&v=wall&story_fbid=150192418332996&ref=notif&notif_t=feed_comment_reply#!/group.php?gid=135140839838154&v=info&ref=notif

Salam Kompak Selalu
Panitia Pertemuan Akbar Perantau Toraja Desember 2010

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

1 comments:

  1. Kerenn : Misa' Kada di Potuo Pantan Kada di Pomate, Masyarakat Toraja Sikamali' Siangkaran, Sirande sia Sipakatana "Banua Ri Na Sikambela, Apa Iya Tu Inaya Tontong Sikala' Rambu Ruaya.

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com