Lebih Dekat Dengan Hidup Sehat | Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA

Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA

Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA
- Air, kebaikan alam yang dianugerahkan Tuhan kepada kita umat manusia. Air, dapat menjadi pujian dan kadang juga kita persalahkan.  Setiap hari, hidup kita selalu melekat dengan kata air. Saya seorang mahasiswa dan sangat menyadari bahwa air itu sangat penting dalam kehidupan seorang mahasiswa.
Jauh dari orang tua demi meraih impian dan cita-cita di masa depan membuat hidup ini kurang mendapat perhatian secara langsung. Tapi satu pesan yang selalu saya ingat “Rajin minum air putih yang banyak”.  Baik itu dari orang tua atau dari keluarga terdekat lainnya. Kinipun saya semakin sadar bahwa peranan air putih dalam kehidupan memang sangat besar.
Air mempunyai peranan penting dalam segalah proses kehidupan manusia. Komposisi air di tubuh kita memang sangat besar yakni sebesar 80 persen. Hidup sehat sangat ditunjang oleh jumlah kandungan cairan dalam tubuh kita. Oleh karena itulah kita dianjurkan untuk rajin mengomsumsi air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Dengan asupan air yang mencukupi (sesuai anjuran), proses distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan demikian juga air akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan hati. Berarti sudah jelas, air membuat hidup lebih sehat.
Dengan air proses pencernahan makanan akan menjadi lebih mudah. Minum air membantu pembuangan racun hasil metabolisme lebih lancar. Ini akan membantu kita terhindar dari penyakit pada pencernaan seperti sakit maag atau sembelit. Itulah sebabnya kita selalu mengomsumsi air baik setelah mengkomsumsi obat atau setelah makan.
Air juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kekurangan air akan membuat kulit kita terlihat kering dan berkerut. Air akan membantu menjaga kulit agar tetap kenyal sehingga terlihat lebih awet muda.
Dan ingatlah kawan, bahwa air itu memang sangat istimewah. Hal ini disebabkan karena air air tidak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.

Lalu, bagaimana caranya agar kita sering minum air putih? Carany antara lain:
  1.       Selalu bawa persediaan air minum, misalnya sebotol air mineral
  2.       Minum air sebelum, selama setelah berolahraga atau melakukan kegiatan yang berat.
  3.       Pilihlah minum air saat beristirahat ketimbang minum kopi, soft drink dan minuman manis lainnya.
  4.       Setelah makan, jangan lupa minum segelas air.
  5.           Sebelum dan setelah bangun tidur awali segalah aktivitas dengan mengomsumsi air.

Awal perkuliahan, saya terkesan acu tak acu dalam mengomsumsi air, namun sejak semester kemarin, hidup sehat sudah lebih dekat dengan gaya hidup saya. Selalu membawa persediaan air baik saat proses perkuliahan, refreshing atau saat rapat seperti sudah menjadi kebiasaan. Saya menyadari pentingnya menjaga kesehatan bagi seorang mahasiswa, apalagi jika sering lembur malam demi mengerjakan tugas untuk target jangka panjang, yaitu masa depan. Jadi, saya sarankan rajin minum air yang banyak. Kita mahasiswa yang masih muda harus totalitas dalam menjaga kesehatan. Negeri ini tidak hanya membutuhkan kaum MuDA yang pintar saja, namun negeri ini juga membutuhkan generasi muda yang pintar, kreatif dalam berkompetisi dan sehat, baik jasmani maupun rohani.
AQUA MuDA


Jadikanlah hidupmu bahagia, hargailah kebaikan alam dengan berkomitmen dalam menjaga kelestariannya. Hidup sehat, lebih dekat lebih baik. Cause, IT’s About Us : Air Untuk Masa Depan.


Dengan semangat hari kasih sayang, bertepatan dengan tulisan ini dipublikasikan di jeanotnahasan.blogspot.com yang berkaitan dengan Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA maka marilah kita memaknai hari ini sebagai hari untuk saling menyayangi sesama. Berikanlah kasih sayang yang tulus pada Tuhan yang menciptakan alam tempat kita hidup, orang-orang terdekatmu seperti keluarga, pacar, dan sahabat, dan juga cintailah alam ini. Alam telah memberikan kebaikannya untuk kehidupan kita. Dan yang terpenting adalah, sayangi dirimu sendiri dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat dengan membiasakan diri mengomsumsi air sesuai dengan anjuran 8 gelas sehari. Karena dengan hidup sehat, kamu telah membuktikan, bahwa kamu mencintai masa depanmu sendiri.


Selamat hari VALENTINE untuk semua.. cintai ALAM, cintai HIDUP SEHAT, cintai MASA DEPAN.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

5 comments:

  1. bukanya semua air minum itu sama ya!!

    dan kenapa kita diharuskan "Pilihlah minum air saat beristirahat ketimbang minum kopi, soft drink dan minuman manis lainnya" bukanya jika minum susu atau minuman lain yang mengandung gula akan menambah energi kita sehingga kita mempunyai tenaga untuk beraktifitas dipagi hari, apa yang mendasari keyakinan anda, agar kita minum air putih?

    BalasHapus
  2. Mas Jonathan, jelas tidak semua air minum sama. :D
    anda tidak diharuskan,, tapi hal tersebut merupakan cara untuk memancing diri kita sendiri agar lebih sering mengomsumsi air putih.

    susu memang berfungsi dalam proses pertumbuhan, sama halnya dgn jus buah. Meski membuat tubuh sehat, jus buah mengandung kalori. Demikian juga, minuman yang mengandung gula dan susu, juga akan membuat tubuh membutuhkan banyak air untuk mencernanya. Apalagi jika Anda minum banyak minuman beralkohol atau minuman berkafein seperti kopi dan teh. Minuman-minuman ini memiliki sifat diuretik yaitu senyawa yang meningkatkan aliran seni, sehingga kita perlu minum lebih banyak air guna mengganti apa yang dikeluarkan. ohy, satu lagi, kafein tdk baik dikomsumsi oleh ibu yg mengandung.

    Hal yg mendasari keyakinan saya agar kita rajin minum air putih sudah saya jelaskan pada postingan di atas terkait manfaat air dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  3. ok. ..

    tapi, bukanya kalo kita menyuling air akan lebih hemat dibandingkan kita membeli air minum , dan seandainya dengan bajet yang sama,air minum itu digantikan dengan air kelapa bukanya akan jauh lebih sehat air kelapa dibandingkan dari pada air minum itu, karna kita sudah tau manfaat air kelapa, coba anda jelaskan kapada saya!!!!

    BalasHapus
  4. Jonathan : menyuling air memang 'relatif' lebih murah,, tp tak semudah itu mendapat sumber air yg benar2 bersih. apalagi para mahasiswa yg jauh dari org tua dan sibuk habis dgn kuliahnya. biar merasa g' repot maka enaknya belih aja (*opini)..

    trus terkait air kelapa, walaupun budget yg sama, saya rasa minum air putih sbgi minuman sehari2 tetap lebih baik.. pasalnya air klapa mengandung kalium, gula dan protein,, memang mempunyai fungsi yg baik untuk kesehatan,, tapi kan g' baik jg klw kadar gula atw protein itu berlebihan d dlm tubuh kita..

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com