Cara Restart Server Apache XAMPP di Windows

Cara Restart Server Apache di Linux Ubuntu tentunya berbeda dengan cara restart apache di Windows, khususnya jika menggunakan aplikasi XAMPP untuk windows Vista / 7 / 8. Cara restart server Apache XAMPP di windows lebih mudah dibanding di linux.

Biasanya setelah melakukan perubahan pada konfigurasi server apache, seperti mengaktifkan mode rewrite (mod_rewrite) agar file .htaccess bisa berfungsi, sebaiknya dilakukan restart pada server apache tersebut.
Cara Restart Server Apache XAMPP di Windows

Caranya memang sangat sederhana, namun saat saya mencoba klik STOP pada module apache, panel status memberikan informasi 'error' sehingga server apache tidak bisa direstart.

Jika anda mengalami hal yang sama yaitu restart server apache error, maka hal yang perlu anda lakukan adalah menjalankan XAMPP Control Panel sebagai administrator. Berikut ini langkah-langkah Cara restart server apache XAMPP di Windows jika mengalami error :

  1. Jalankan aplikasi XAMPP Control Panel sebagai Administrator (Run as administrator)Cara Restart Server Apache XAMPP di Windows
  2. klik [STOP] pada modules 'Apache' yang dalam status running.
  3. tunggu beberapa detik hingga pada panel status memberikan informasi "Apache service stopped"
  4. klik [START] pada modules 'Apache', jika pada panel status memberikan info "Apache service started" itu artinya server apache XAMPP berhasil direstart.


Setalah mengikuti langkah-langkah di atas, server apache di komputer/laptop saya berhasil di-restart dan perubahan settingan sudah berjalan.

Sekian yang bisa saya share, semoga membantu. Selamat melanjutkan aktivitas di "localhost" :D

About the Author

Jeanot

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

1 comments:

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com