Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja

Sudah pernah menyicipi burung naturalisasi di Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja? Mendengar pemain bola yang dinaturalisasi sepertinya sudah cukup mainstream di Indonesia, tapi bagaimana dengan burung yang naturalisasi? sudah pernah dengar?

Burung naturalisasi asal Prancis ini tergolong besar dan nikmatnya tahan lama. Mencicipinya membuat kamu tidak ingin kelewatan nikmatnya hingga jilatan terakhir pada rasa yang menempel di ujung jari, yummi!. Burung Prancis ini memiliki nama asli Franch Quail. Setelah dinaturalisasi, Franch Quail memiliki nama lokal Manuk Londo. Dinamakan manuk londo karena memang asalnya dari barat (bule).


Di Yogyakarta, Manuk londo hanya bisa ditemukan di Cupuwatu resto yang terletak di komplek Grand Cupuwatu Jl Solo KM. 11,8 Kalasan, Yogyakarta. Jika kalian dari arah Jogja menuju Klaten, resto Cupuwatu berada di sisi utara atau kiri jalan.


Manuk Londo merupakan ayam naturalisasi karena telah dikembangbiakan di Yogyakarta oleh PT. Peksi Gunaraharja yang merupakan Group Perusahaan dari PT. Cupuwatu Kaya Rasa atau Cupuwatu Resto. Meski merupakan unggas yang nenek moyangnya berasal dari luar negeri, kalian tidak perlu khawatir. Burung naturalisasi Cupuwatu resto ini sudah melalui tahap-tahap yang sesuai prosedur untuk sertifikasi HALAL dari proses penetasan telur, pakan hingga pengolahan menjadi menu-menu yang lezat ditangani secara professional.
Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja
Tampak depan dari Cupuwatu resto, kesan bersih sudah ada mulai dari area parkir
Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja
Pintu masuk Cupuwatu resto.

Cupuwatu resto, bersih luar dan dalam.

Menu Utama Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja

Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja memanjakan konsumennya dengan delapan varian manuk londo andalan, antara lain :


1. Malon BBQ : menu ini memiliki cita rasa yang manis seperti madu. Merupakan salah satu menu favorit pengunjung cupuwatu resto. Dengan tambahan saos sambal yang tidak cukup pedas namun lebih pada kental dan manis, membuat sensasi makan menggunakan tangan jadi lebih nikmat. Dengan makan menggunakan tangan, kamu akan menemukan rasa manis yang sebenarnya pada jari manis kamu. Harga untuk satu porsi Malon BBQ Rp. 27.500
Malon BBQ. Menggoda kan? :)


2. Malon bumbu kuning memiliki rasa yang guri sampe ke tulang-tulang, membuat kamu enggan untuk menyisakan potongan tolang utuh di piring. Harga untuk satu porsi Malon bumbu kuning Rp. 27.500.
Malon Bumbu Kuning.


3. Malon ala peking memiliki sensasi daging yang wangi dan lembut. Harga untuk satu porsi Malon bumbu kuning Rp. 27.500


4. Malon bakar klaten, bukan manuk londo yang di bakar atau di olah di Klaten kemudian disajikan di Cupuwatu resto. Pengolahannya tetap dilakukan oleh tangan-tangan profesional di Cupuwatu resto. Malon bakar klaten yang dijual dengan harga Rp. 27.500 per porsi ini memiliki cita rasa yang tradisional.


5. Mie malon memiliki sensasi yang seger di sepanjang mie nya. Satu porsi mie malon dijual dengan harga Rp. 23.500.


6. Malon Halilintar ini merupakan menu dari Cupuwatu resto untuk memanjakan para pecinta kuliner pedas. Dari nama nya sudah terasa sensasi pedas yang WOW. Penasaran dengan tingkat kepedasannya, sebaiknya kalian langsung mencoba karena level kepedasan setiap orang berbeda. Satu porsi malon halilintar ini harganya Rp. 27.500.
Malon Halilintar di Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja. WOW.

7. Gudeg malon, merupakan special di Cupuwatu resto dengan rasa manis yang lebih guri. Pada dasarnya sama dengan kuliner khas Yogyakarta, letak perbedaannya ada pada burung naturalisasi sebagai salah satu lauknya. Satu porsi gudeg malon harganya Rp. 35.000.
Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja
Gudeg Malon Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja


8. Gudeg Kendil Malon, salah satu menu kuliner Jogja yang ada di Cupuwatu yang tahan sampe 48 jam. Menu ini cocok sebagai oleh-oleh. Satu harga Gudeg kendil malon dijual dengan harga Rp. 110.000

***


Kelezatannya bukan sebatas tipuan kamera.
Istirahat sejenak, menu manuk londo adalah sahabat perut yang lezat.


Pada dasarnya proses memasak malon sama seperti unggas laiinya namun waktunya agak lebih lama. Manuk londo diungkep terlebih dahulu kemudian diolah selanjutnya agar lebih empuk dan bumbu nya semakin menyatu dengan daging, bahkan hingga ke tulang-tulang.

Manuk londo memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding bebek namun kandungan kolesterolnya lebih rendah dari bebek. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian Laboratorium Pangan Hasil Ternak, Fakultas Peternakan UGM pada tahun 2012.

Tabel Perbandingan Gizi antara Malon dan Bebek

Selain delapan menu andalan di atas, Cupuwatu Resto juga menyajikan menu lain, seperti nasi goreng. Cupuwatu resto buka dari jam 10.00 sampai 22.00. Guna semakin memanjakan konsumennya, Cupuwatu resto sebagai salah satu restoran di Yogyakarta juga melayani pesan antar. Jadi buat kalian yang sedang sibuk bekerja dan waktu nya cukup mepet jika harus ke Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja untuk menikmati manuk londo, kalian bisa menghubungi nomor (0274) 4469262.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com