PTN/PTS YANG BELUM AKREDITASI TIDAK BOLEH MELULUSKAN MAHASISWA

Postingan di bawah ini sekedar untuk mengingatkam kembali teman2 yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, postingan ini agak berhubungan dengan postingan sebelumnya yakni "50 Universitas Menjanjikan versi Dikti". langsung saja disimak.

Seluruh perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia sudah harus terakreditasi pada tahun 2012, sesuai dengan PP Nomor 19 tahun 2005. Di luar itu, maka PTS tersebut akan dinyatakan ilegal dan tidak berhak mengeluarkan ijazah.

Menurut Dirjen Dikti Prof. Dr. Fasli Jalal, saat ini masih tercatat sekitar 40 persen PTS di Indonesia yang belum terakreditasi dengan berbagai alasan. Diantaranya belum pernah mengurus akreditasi, tidak lulus akreditasi, serta akreditasi sudah habis.

Namun sebelum tenggat tahun 2012, PTS yang belum terakreditasi masih diperbolehkan mengeluarkan ijazah. “Setelah 2012 tidak ada lagi PTS yang boleh mengeluarkan ijazah, jika belum terakreditasi,” ujar Fasli.

Lantaran itu, Dikti terus berkerja keras membantu meningkatkasn mutu PTS dengan memberikan beasisawa pada mahasiswa dan dosen, memberikan hibah dalam bentuk alat dan mengirim dosen untuk belajar di luar negeri.

Menyinggung standar akreditasi, Fasli mengatakan A, B dan C boleh, tetapi yang tidak boleh adalah tidak terakreditasis sama sekali.

Terdapat 10 persyarakat bagi PTS untuk mendapatkan akreditasi antara lain kualifikasi dosen dan kepemimpinan serta sarana prasarana. Jadi bagi yang memenuhi kriteria tersebut nilai akreditasinya bisa lebih baik.

Kini Dirjen Dikti berupaya memperbanyak aksesor pada badan akreditasi nasional dan memberikan dana lebih besar untuk mengadakan pelatihan.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan mengundang aksesor sehingga dapat menjelaskan tentang sumber kejanggalan akreditasi.

“Kini badan akreditasi nasional juga tengah memfokuskan pada akreditasi akademi yang akan dibuat lebih spesifik, karena dulunya umum saja,” katanya.Â

Ngeri juga yah, untung saja Universitas tempat saya menimbah ilmu sudah lama ter-akreditasi. Jadi tidak perlu takut lagi.
Trus bagaimana dengan kalian,, apakah sudah ada bayangan mengenai PT yang akan kalian pilih,, atw kalian was2 jg krn PT tempat kalian menimbah ilmu tidak ter-Akreditasi.........gpp, jangan takut, mudah2an tahun depan sudah mendapat akreditas yang sesuai.
yang penting,, tetap belajar, berkreasi, berkarya dan berprestasi.....
Salam dunia Pendidikan...Jadilah yang terbaik untuk negeri ini.

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

0 comments:

Posting Komentar

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com