Neil Amstrong Meninggal Dunia (Manusia Pertama di Bulan)

Neil Amstrong, manusia pertama yang menginjakan kakinya di bulan meninggal dunia pada usia 82 tahun. Neil Amstrong meninggal pada Sabtu (25/8) setelah menjalani operasi jantung bulan ini. Armstrong menjalani operasi jantung awal bulan ini, hanya dua hari setelah ulang tahunnya pada 5 Agustus 2012, untuk meringankan arteri koroner yang tersumbat. Namun kemudian mengalami komplikasi penyakit.


Neil Alden Armstrong lahir di Ohio, Amerika Serikat, 5 Agustus 1930 dari pasangan Stephen Koenig Armstrong dan Viola Louise Engel. Ia merupakan keturunan Skotlandia dan Jerman, dan memiliki dua adik, June dan Dean. Stephen Armstrong bekerja sebagai auditor untuk pemerintah negara bagian Ohio, dan keluarganya berpindah-pindah ke 20 kota di Ohio pada 15 tahun pertama setelah kelahiran Armstrong. Kecintaannya untuk terbang tumbuh pada masa itu, berawal ketika ayahnya membawa Neil yang masih berusia 2 tahun ke Cleveland Air Races. Pada tanggal 20 Juli 1936, saat berusia 6 tahun, Armstrong merasakan terbang pertama kali dengan pesawat Ford Trimotor yang dijuluki "Tin Goose" bersama ayahnya di Warren, Ohio. (sumber: wikipedia)


Neil Amstrong pertama kali mendarat di bulan pada 20 Juli 1969. Saat ia menginjak permukaan berdebu, Armstrong mengatakan: " Itu sebuah jejak kecil seorang manusia, sebuah lompatan besar bagi seluruh umat manusia". Saat itu beliau berusia 38 tahun. Melalui misi Apollo 11 Neil Armstrong bersama Buzz Aldrin dan Mike Collins ke Bulan. Kini mereka harus berpisah.

"Setiap kali saya melihat ke arah bulan, itu mengingatkan saya saat-saat lebih dari empat dekade yang lalu ketika saya menyadari bahwa meskipun kami jauh dari bumi, kami tidak sendirian," kata Aldrin dalam sebuah pernyataannya, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (26/8/2012).

neil amstrong meninggal dunia manusia pertama di bulan
Foto Neil Amstrong, manusia pertama yang menginjakan kakinya di bulan.
neil amstrong
Neil Amstrong (kiri) bersama dua rekannya Collins, dan Aldrin
(sumber : detik.com)

R.I.P Neil Amstrong | 1930 - 2012

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

0 comments:

Posting Komentar

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com