Wisata Peduli Ekosistem Laut di Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta

Alangkah lebih baik jika berwisata bukan sekedar jalan-jalan atau menikmati apa yang diberikan alam pada kita, namun kita bisa turut menjaga keindahan yang diberikan alam. Anak cucu kita juga punya hak akan keindahan alam, salah satu nya keindahan ekosistem bawah air (laut).

***

Sabtu, 18 Agustus 2012, saya beserta beberapa teman mengikuti kegiatan melepas tukik (anak penyu) ke laut di lokasi penangkaran penyu pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewah Yogyakarta. Sekitar 100 ekor tukik siap dilepas ke habitatnya (laut). Kami berangkat dari Realino, Kampus Universitas Sanata Dharma pukul 14.30 dan tiba di lokasi sekitar pukul 15.30.

Pantai tersebut dinamakan pantai goa cemara karna banyaknya pohon cemara yang tumbuh di pesisir pantai. Sedikit cerita tentang sejarah nama pantai, ombak di pantai ini besar-besar dan merusak tanaman warga yang tinggal di pesisir pantai. Untuk menghindari rusaknya tanaman akibat terjangan ombak, warga memutuskan untuk menamam pohon cemara di pesisir pantai.

*Biaya retribusi masuk lokasi IDR 10K / motor dan biaya parkir di lokasi IDR 2K / motor.

***

Untuk mengikuti kegiatan melepas tukik (anak penyu) ke laut, kita harus membayar biaya adopsi sebesar IDR 10K / ekor tukik. Kita akan mendapatkan hadiah cinderamata berupa gantungan kunci. Adopsi bukan berarti tukiknya untuk dibawa pulang, tetapi harus dilepaskan ke laut di pantai itu juga.

Penyu merupakan binatang yang dilindungi pemerintah yang tidak diperbolehkan dijual bebas, apalagi dimiliki seseorang tanpa izin. Biaya adopsi tukik akan digunakan untuk pengelolahan penangkaran penyu.

Sebelum melepas tukik ke laut, peserta / wisatawan yang telah mengadopsi tukik akan mendapat penjelasan dan sosialisasi dari pihak pengelolah. Misalnya cara memegang tukik, cara melepaskan tukik dan pengetahuan umum tentang tukik / penyu itu sendiri (contohnya : masalah penetasan telur).

Pengelolah memperkirakan akan ada lagi telur penyu yang menetas 50 hari setelah hari kemarin (18/8/2012) tapi hal tersebut tidak bisa dipastikan tepatnya tanggal berapa. Sulit untuk meperkirakan tanggal pastinya kapan penyu akan bertelur dan menetaskan telurnya karena pengelolah belum memiliki alat yang biasanya digunakan untuk memonitor perkembangan tukik seperti yang sudah dimiliki penangkaran penyu di tempat lain (contoh penangkaran penyu di Bali).


***

Di pantai Goa Cemara, anda juga bisa berwisata kuliner dengan menikmati menu makanan laut yang ada dilokasi.

berikut galeri dokumentasi pribadi saat mengikuti kegiatan melepas tukik di pantai Goa Cemara Bantul, Yogyakarta






 


Jika anda tertarik untuk mengikuti wisata peduli lingkungan ekosistem laut, silakan pantau blog ini karena nantinya akan saya publikasikan jadwal pelepasan tukik di pantai Goa Cemara Bantul.

yang terakhir cuma mau bangga dikit

 I AM BLOGGER NUSANTARA, I CARE ABOUT NATURE


About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

5 comments:

  1. foto terakhir yang paling unyu kang :-D

    BalasHapus
  2. izin dijadiin referensi tugas saya ya kang.. mohon juga kunjungi web kami www.insanwisata.com terimakasih :)

    BalasHapus
  3. wah keren, kapan donk jadwal nya nglepasin tukik lg, aku mau donk ikut....pengen.........

    BalasHapus
  4. kapan nie jadwal pelepasan selanjutanya, wah pengen ikut.....

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com