Produk Kayu Komposit Destination Green

Kayu Komposit Untuk Dinding Bangunan
Kayu Komposit Untuk Dinding Bangunan

Apakah Anda pernah mendengar kayu komposit? Material ini lebih dikenal sebagai wood plastic composite (WPC). Hasil inovasi penggunaan teknologi terkini ini sudah banyak digunakan di negara maju seperti Australia, Amerika dan negara-negara Eropa.

Secara fungsional, kayu komposit / merupakan bahan baru yang berpotensi luas pada penggunaannya. Kayu komposit menjadi alternatif pilihan untuk menggantikan penggunakan kayu alami dengan biaya yang lebih murah. Saat ini kayu komposit sudah digunakan untuk papan / dek kayu, kusen, daun pintu, pagar, penutup dinding, dengan variasi warna, tekstur dan profil.


Bagi para penggemar komponen kayu, kayu komposit dapat menjadi pilihat tepat untuk menghemat biaya mengingat harga kayu asli yang semakin mahal dari waktu ke waktu.
Kayu komposit / WPC menggunakan bahan dasar kayu yang dicampur dengan bahan plastik untuk mendapatkan material yang memiliki sifat-sifat perpaduan antara kayu dan plastik. Artinya memiliki warna, tekstur bahkan bau seperti kayu alami; dapat diperlakukan sebagaimana kayu, seperti dipaku, dibor, digergaji; namun memiliki keaweatan plastik, seperti tidak berjamur, dan tidak dimakan rayap.

Kayu Komposit Untuk Jembatan
Kayu Komposit Untuk Jembatan

Komposit kayu diklaim lebih ramah lingkungan karena menggunakan material daur ulang sebagai bahan baku utama, yaitu serbuk / tepung kayu yang merupakan limbah industri perkayuan dan plastik daur ulang. Bahkan Komposit kayu memiliki potensi untuk didaur ulang.

Kegunaan/Manfaat Kayu Komposit
Dengan harga kayu komposit yang murah dan karakteristik nya yang awet, kayu komposit dapat digunakan untuk bahan bangunan, baik untuk outdoor maupun indoor. Inovasi terkini menjadikan kayu komposit dapat digunakan untuk bahan :
  • furniture
  • otomotif
  • ubin
  • pintu
  • kusen
  • dinding (wall cladding)
  • plafon 
  • dan lain-lain.

Ubin produk kayu komposit


Jenis produk yang dapat mudah jumpai di pasaran adalah papan kayu, WPC deck. Papan kayu komposit / wpc dek ini mirip sekali dengan kayu asli. Hotel, villa dan rumah mewah sering dijumpai menggunakan papan kayu komposit yang terpasang di sekitaran kolam renang.

Menurut saya, mengingat kebutuhan penggunaan kayu semakin meningkat dari tahun ke tahun, ada baiknya jika riset dan produksi kayu komposit /  WPC terus digalakkan untuk mendapatkan altervatif pengganti penggunaan kayu yang ramah lingkungan (go green) dan sustainable.


gambar instalasi kayu komposit
gambar instalasi kayu komposit
Kayu Komposite untuk pinggiran kolam hotel

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

6 comments:

  1. sangat lengkap sekali mastah..
    jos gandos gan..
    (y)

    BalasHapus
  2. harganya malah gak nih? atau tergantung merk-nya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya yang produksi asli Indonesia dan harga lebih murah itu jualnya di www.wpcdek.com , yang lain kayaknya ngimpor dari cina dan harganya lebih mahal dibanding yg produksi Indonesia

      Hapus
  3. skrg kayu komposit banyak digunakan sebagai alternatif untuk lantai.. (y) go green.

    BalasHapus
  4. kayu komposit mulai banyak digunakan. bukan hanya untuk hotel atau perkantoran, tp penerapannya untuk rumah juga sudah bisa dijumpai seperti pada dinding atau plafon

    BalasHapus
  5. yeah, wood plastic composite is ideal for pools (y)

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com