LG G2, Smartphone Kaya Inovasi

LG G2 spesifikasi dan harga

Learning From You.. satu kalimat yang mengawali perkenalan saya dengan produk smartphone terbaru dari LG Mobile, and Now It's All Possible..

Saya kembali teringat dengan tagline Djarum Black Inovation Awards 2010, "Innovate or Die". Yups, berinovasi? atau mati (berakhir)? Era digital, era global, ketika teknologi kini sudah sangat dekat; menyatuh dengan manusia; seperti dalam bidang kesehatan, olahraga, otomotif / transportasi, pertanian dan berbagai bidang industri lainnya yang terus berinovasi dalam hal atau mengarah ke bidang teknologi. Mereka bersaing untuk merebut pasar dan kunci yang dapat membuat mereka tetap survive di tengah persaingan yang saling 'membunuh' adalah INOVASI.

Tapi tidak serta merta inovasi yang ditawarkan akan laris manis di masyarakat. Kita tahu sendiri ada beberapa perusahan bidang IT (smartphone) yang telah melakukan inovasi tapi tetap saja mereka merugi. Mengapa? karena inovasi yang mereka tawarkan tidak menjawab kebutuhan pengguna.

LG Mobile coba menjawab kebutuhan target penggunanya dengan berinovasi berdasarkan pengalaman pengguna (user experince), yaitu mereka belajar dari manusia (pengguna) untuk berusaha mencapai titik sempurna yang tentunya menghabiskan waktu yang panjang.

Salah satu inovasi LG yang sangat terlihat ada pada LG G2, dimana pada produk ini LG menempatkan tombol user interaction-nya di sisi belakang smartphone, bukan di kanan kiri atau di sisi atas smartphone. Inovasi ini belajar dari memperhatikan keseharian manusia yang secara alamia lebih banyak menggunakan jari telunjuk untuk berinteraksi dengan sesuatu, contohnya : ngupil :D

LG G2 spesifikasi dan harga

Untuk lebih jelasnya, berikut ini saya jabarkan fitur istimewah serta inovasi terbaru yang ada di LG G2 :

Prosesor Terkuat

LG G2 yang menggunakan OS Android 4.2.2 Jelly Bean ditopang oleh prosessor terbaru dan terkuat besutan Qualcom, yaitu Snapdragon™ 800 2.26GHz. Hal ini menjadi penanda bahwa prosesor terbaru untuk smartphone telah tersedia di pasar dalam negeri.

Untuk membantu kerja prosesor, G2 dilengkapi dengan RAM 2GB, dijamin gak bakal 'jongkok' untuk masalah multitasking.

Kamera Resolusi Tinggi dengan Optical Image Stabilizer (OIS)

G2 menggunakan sensor 13MP pada kamera utamanya. Selain resolusi yang tinggi, LG juga menambahkan inovasi berupa Optical Image Stabilizer (OIS). Sematan teknologi ini dipilih LG untuk menjamin pengguna mendapat hasil gambar lebih tajam dengan tingkat kecerahan optimal pada berbagai situasi pengambilan gambar. Kerja unik lensa dengan OIS membuat hasil gambar baik dalam foto maupun rekaman video tertampil tanpa distorsi kabur (blur) meskipun pengambilan gambar dilakukan dalam kondisi bergerak ataupun di bawah kondisi pencahayaan redup.

Kamera G2 juga memiliki kualitas kaca yang lebih kuat dengan menggunakan Resistant Sapphire Crystal Glass (anti gores), kualitas zoom 8x dari digital zoom biasa dan Multi-Point AF yang meningkatkan focus kamera menjadi lebih jelas dengan 9 AF points.    

Guest Mode, Perlindungan Istimewa Bagi Privasi Pengguna

Yang saya ketahui, fitur guest mode ini adalah yang pertama diterapkan pada smartphone. Fitur ini  sistem penerapannya seperti user account di PC / Laptop dimana ada perbedaan hak akses antara Guest dan user utama (administrator). Jadi anda dapat mengatur aplikasi mana saja yang bisa di akses oleh 'tamu', misalnya anda menyembunyikan aplikasi sms / messenger agar rahasia dengan selingkuhan anda tetap terjaga. :D

Rear Key 

Seperti yang sedikit saya jelaskan di atas, LG menempatkan tombol volume suara dan standby pada bagian belakang G2. Dengan terapan desain demikian, LG G2 menggeser paradigma desain smartphone yang lumrahnya menempatkan berbagai tombol utama pada bagian samping dan atas tubuh smartphone.

Dengan penerapan konsep ini membuat G2 menjadi smartphone pertama tanpa tombol samping. Ide inovasi ini lahir dari hasil belajar mengenai kesulitan yang dihadapi pengguna untuk mengakses tombol samping, yang biasanya berfungsi sebagai pengatur besaran suara, sebagai konsekuensi dari semakin lebarnya layar smartphone.

Apalagi penelitian LG menemukan, semakin lebarnya layar sebuah smartphone membuat pengguna secara alami akan menempatkan jari telunjuk pada bagian belakang sebagai penopang untuk kenyamanan penggunaan.
LG G2 spesifikasi dan harga

KnockON

Cukup dua ketukan lembut pada layar, akan memberikan perintah bagi LG G2 untuk berpindah pada keadaan aktif. Demikian pula sebaliknya untuk mengembalikannya lagi pada kondisi standby.

Hi-Fi Sound. 

LG G2 mampu menghasilkan audio berkekuatan 24-bit/192kHz yang membuat penggunanya dapat mendengarkan music secara jelas tanpa adanya distorsi. Dengan kekuatan demikian membuat kualitas keluaran audio dari LG G2 jauh lebih unggul dari audio yang dihasilkan keping CD.

Fitur lainnya :

Tracking Zoom
Fitur ini memungkinkan anda melakukan zoom untuk objek yang bergerak dan mampu mengikuti gerakan objek. Di dalam satu frame yang sama, objek yang bergerak tampil di atas background video yang sedang direkam.

Audio Zoom
Gak kalah keren dengan fitur yang lain, Audio Zoom pada G2 memungkinkan anda untuk fokus pada sumber suara yang ingin anda rekam. Fitur ini menggunakan multiple stereo untuk menangkap suara yang diinginkan. 
LG G2 spesifikasi dan harga


Capture Plus
Memungkinkan pengguna untuk menyimpan halaman web secara penuh tapi tidak mengurangi kualitas hasil capture.

Answer Me
bekerja otomatis mengaktifkan LG G2 untuk menjawab panggilan dengan berbarengan secara simultan menurunkan volume nada dering saat ponsel didekatkan ke telinga pengguna
Plug and Pop
Bekerja otomatis memberikan rekomendasi opsi atau fitur terkait untuk memudahkan pengguna memilih sesaat ketika earphone atau kabel USB terdeteksi
Slide Aside
Memberikan kemudahan multitasking berpindah aplikasi cukup dengan melakukan gerakan menggeser pada layar menggunakan sentuhan tiga jari bersamaan. Fitur ini secara otomatis akan menyimpan 3 aplikasi yang paling sering dipakai.
QuickRemote
Tak cuma menjadikan LG G2 sebagai remote control bagi berbagai perangkat elektronik rumah, namun juga memiliki kemampuan untuk mempelajari kerja remote control konvensional dan menyesuaikan bagi pengoperasian pada berbagai perangkat sekaligus dengan tata letak yang lebih fleksibel

***

Spesifikasi Utama LG G2: 

  • Processor: 2.26GHz Qualcomm®Snapdragon™ 800 featuring quad Krait CPU
  • Network : GSM Max 4 Bands, HSPA+ Max 4 Bands, LTE Max 5 Bands
  • Weight : 143g
  • Display: 5.2-inch Full HD IPS (1080 x 1920 pixels / 423 ppi)
  • Memory ROM : 32GB
  • RAM: 2GB LPDDR3 800MHz
  • Camera: Rear 13.0MP with OIS / Front 2.1MP
  • Battery: 3,000mAh SiO + Li-Polymer
  • Operating System: Android Jelly Bean 4.2.2
  • Size: 138.5 x 70.9 x 8.9mm
  • Colors: Black / White
  • Conectivity : Bluetooth version 4.0, USB 2.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n; GPS, HDMI Slimport; NFC
***

Harga LG G2 :

Harga LG G2 diperkirakan sekitar 7 hingga 8 jutaan. LG sendiri akan menggelar pameran di Plaza Senayan, Jakarta sepanjang 27 – 29 September 2013. Cash back, paket data cuma-cuma, hingga perangkat unik Bluetooth Stereo LG HBS730 menjadi tawaran bagi peminat LG G2 yang datang pada masa itu. Bahkan sebagai bagian dari kerjasamanya dengan Bank BCA, para pemilik kartu kredit keluaran bank ini akan mendapat gratis satu bulan cicilan  untuk 12 bulan cicilan dengan bunga 0%.
 
***

Dengan berbagai inovasi terbaru yang dimiliki G2 secara tidak langsung menjadikan smartphone ini sebagai inspirasi bagi produsen smartphone lain untuk terus berinovasi dan/atau ikut menerapkan inovasi yang ada pada LG G2.

***

Bagi kalian yang sudah berpengalaman menggunakan LG G2, saya tunggu tanggapannya (kekurangan / kelemahan atau kelebihan lainnya).. silakan berkomentar :D

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

2 comments:

  1. Kamera dahsyat, desan mewah, layar lega, prosesor bertenga, wow! LG G2 bikin ngiler ajaaa....Semoga menang ya Sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menang apa gan? saya ndak ikut kontes apa2 og.. :D

      Hapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com