Gudang Baru Lazada Sebagai Bentuk Peningkatan Pelayanan Pada Konsumen


Sebagai salah satu situs toko online, dapat dikatakan www.lazada.co.id sukses bersaing di pasar online Indonesia. Selain di Indonesia, Lazada juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Di antara kelima negera asia tenggara, Indonesia mampu memberikan kontribusi sekitar 30% dari total pendapatan Lazada untuk pasar asia tenggara.

Di Indonesia, penjualan Lazada yang merupakan cabang anak perusahan Rocket Internet terus mengalami pengingkatan. Di awal, saat pertama kali mendarat di pasar online Indonesia pada Maret 2012 konsumen Lazada banyak yang mengeluh karena barang yang mereka inginkan telah habis (out of stock). Informasi yang saya dapat, per hari nya Lazada menerima sekitar 3.000 pesanan dan situs Lazada.co.id sendiri dikunjungi sekitar 250.000 orang per hari. Banyaknya permintaan dari konsumen di satu sisi jelas menguntungkan Lazada, namun di sisi lain dapat juga menjadi penghambat pelayanan ke konsumen karena pesanan yang tidak segera bisa didistribusikan.

Satu tahun lebih bertumbuh di pasar Indonesia, tentunya Lazada terus berkembang untuk meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan pada konsumen. Salah satu bentuk real yang telah terwujud adalah dengan adanya gudang baru. Situs toko Online Lazada kini memiliki gudang baru yang lebih besar di daerah Ciracas Jakarta Timur.

Dengan total luas tanah 10.000 meter persegi, Lazada dapat menampung sampai dengan 1 juta produk. Hingga kini di atas tanah tersebut telah dibangun sebuah gudang seluas 4.200 (m2) yang kini dapat menampung sekitar 200.000 produk.

Gudang baru Lazada dibangun bukan semata-mata agar produk yang dijual ‘punya (sekedar) tempat’ untuk meletakan barang. Lazada tentunya punya perhatian pada kualitas barang yang akan diantar ke para konsumennya. Hal ini dibuktikan dengan fasilitas yang tersedia pada gudang baru dimana dalamnya terdapat ruangan khusus untuk produk-produk yang memerlukan tempat penyimpanan terbaik, contohnya seperti kosmetik, perangkat elektronik dan barang premium lainnya.



Di situs Lazada, pembeli dapat menemukan beragam produk, mulai dari fashion, gadget, elektronika, kebutuhan rumah tangga, perlengkapan anak, produk kesehatan dan kecantikan, perlengkapan travelling, perhiasan dan jam tangan, perlengkapan olahraga, dll. Dari informasi yang saya dapat, smartphone merupakan kategori produk yang paling banyak terjual di toko online Lazada pada tahun lalu, disusul powerbank dan produk perawatan tubuh.

Dengan adanya gudang baru yang lebih besar ini, tentunya Lazada memiliki target penjualan yang lebih banyak dan lebih lancar lagi. Selain perluasan warehouse, Kemudahan dan keamanan berbelanja juga tetap menjadi kunci bagi Lazada untuk memanjakan konsumen toko online di Indonesia. Sebagai situs yang sudah terpercaya, tentunya lazada Indonesia tetap harus memperhatikan kenyamanan konsumennya. Dan menurut saya, layanan sistem pembayaran yang disebut COD (cash on delivery) adalah metode yang pas bagi konsumen Indonesia :)

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

7 comments:

  1. disana buka lowker IT gak ya? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung di cek di web nya aja mas, biasanya ada bagian career :)

      Hapus
  2. Hmm, sebagai salah satu pemain besar market place di Indonesia, pastinya lazada tak tanggung dalam melakukan investasi. Yang tak boleh dilupakan adalah melakukan pendekatan ketimuran. Mungkin gaya berbelanja kita beda dengan barat, sehingga perlu adanya treatment khusus. Sepertinya begitu..

    BalasHapus
  3. Gudang di Ciracas di mananya ya?

    BalasHapus
  4. Gudangnya d ciracas blakang PT busi NGK.komplek pergudangan kiwi.
    Lagi banyak lowongan untuk gudang.coba aj masukin lamaran

    BalasHapus
  5. Bisa beli barang langsung dari gudangnya gak ya? Mumpung rumah saya deket dari gudangnya

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com