Resolusi 2013 Komunitas Blogger Jogja Semakin Berhati Nyaman


Banyak hal berkesan yang saya alami selama bergabung dengan Komunitas Blogger Jogja. Ada pengalaman menyenangkan dan tentunya ada juga pengalaman pahit. Salah satu pengalaman berkesan yaitu saat KBJ berpartisipasi di kegiatan kopdar 1000 Blogger Nusantara di Sidoarjo pada oktober 2011 silam. *baca : Cerita dari kopdar Blogger Nusantara bersama Komunitas Blogger Jogja.

Pengalaman pahit yang saya alami yaitu ketika layanan Adsense men-disable domain blog ini dari program advertise-nya. Saat itu saya menulis sebuah artikel tentang "abg jogja" sebagai bentuk partisipasi saya dalam kegiatan sosial online KBJ untuk membersihkan konten "negatif" di halaman pertama hasil pecarian Google.

Pihak google adsense menganggap tulisasan saya melanggar kebijakan mereka, kemudian menghukum blog ini. Bukan hanya saya, masih ada beberapa teman yang juga 'putus cinta' dengan google karena 'efek samping' dari kegiatan KBJ yang membersihkan konten negatif "cewek Jogja" dari SeRP (Search engine result page).

Memang menyedihkan, tapi selalu ada yang bisa disyukuri, yaitu pengalaman. Ada yang bisa dipelajari, ada rasa kepuasan batin jika saya pribadi bisa memberikan hal yang bermanfaat walaupun merugikan diri sendiri dan itulah sisi positif dari hal yang pahit. Dari pengalaman yang ada, saya pun bisa ber- resolusi yang lebih baik di tahun 2013. :)

***

Komunitas Blogger Jogja dan resolusi 2013
Kebersamaan Komunitas Blogger Jogja di Kopdar Blogger Nusantara (Sidoarjo, 2011).


Mengingat sedikit apa yang sudah dilakukan Komunitas ini utk membangun organisasi yang lebih solid, tentunya ada harapan besar yang diinginkan bisa tercapai untuk terbentuknya komunitas yang berkualitas di tahun 2013.

Dengan membuat resolusi 2013 Komunitas Blogger Jogja, kiranya apa yang diharapkan untuk tercapai bisa diperjuangkan bersama-sama. Komunitas Blogger Jogja bukan milik satu orang, bukan juga milik pengurus saja, tapi milik semua anggota. Oleh karena itu semua anggota diharapkan menyadari bahwa ada tanggung jawab bersama yang dipikul untuk membesarkan komunitas ini. Kita harus menjalin ke kompakan agar setiap individu bisa lebih berhati nyaman untuk individu yang lain.

Saya pribadi memiliki harapan, kiranya Komunitas Blogger Jogja tidak hanya bergerak secara online dalam kegiatan sosialnya, namun juga melakukan kegiatan sosial di dunia nyata, contohnya : mengikuti kegiatan 'go green', mendukung kelestarian hewan yang terancam punah dan memberi pelatihan Internet khususnya blog pada pelajar maupun guru-guru yang memang membutuhkan ilmu terkait.

Kemudian dari kegiatan tersebut, diharapkan bisa diolah menjadi informasi yang disebarkan secara online, baik melalui media blog atau mikroblog seperti facebook dan twitter dengan harapan bisa menjadi contoh yang positif bagi komunitas lain untuk melakukan kegiatan yang sejenis.

Yah, hal mudah, terkesan remeh, tapi tidak gampang untuk direalisasikan. Salah satu faktor yang menyebabkan 'hal mudah menjadi sulit' karena tidak adanya kekompakan para anggota. Ini menjadi kritik saya pribadi bagi para member yang "antara ada dan tiada". Pengamatan saya, dari 1200-an member yang bergabung di grup, hanya sekitar 20 - 50an orang yang terlihat aktif.

Tentunya hal tersebut menjadi tantangan bagi para pengurus KBJ untuk 1 tahun kedepan. Resolusi 2013 Komunitas Blogger Jogja untuk bisa membuat kompak para anggotanya memang bukan semata tanggung jawab pengurus, sekali lagi saya tekankan, semua anggota harus menyadari bahwa mereka memiliki tanggung jawab bersama untuk menjadikan KBJ semakin solid dan semakin berhati nyaman. Namun memang seharusnya pengurus bisa memikirkan solusi apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkan resolusi yang direncanakan.

Pengalaman saya, kegiatan makrab memang menjadi salah satu pintu untuk menjalin keakraban, tapi tanpa follow-up yang berarti, kegiatan itu tak bisa menjawab pertanyaan 'bagaimana mengakrabkan?'. Oleh karena itu, ada beberapa opsi lanjutan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan bermain futsal.

Bermain futsal bukan untuk ngotot-ngotot-an, tapi bisa dijadikan media 'buang keringat' yang menyenangkan. Tidak harus 'bisa main futsal' untuk ikutan, karena pada nyatanya, yang 'gak bisa main' itu kadang memperlihatkan aksi-aksi konyol, mengundang gelak tawa dan tentunya bisa menjadi momen berharga untuk saling mengingat di kemudian hari :))

Salah satu momen berkesan bersama KBJ, "gagal jadi juragan kasur" :D


Kegiatan lain untuk mewujudkan resolusi 2013 Komunitas Blogger Jogja agar anggotanya semakin kompak bisa dengan mengadakan kegiatan refreshing / wisata bersama. Pantai bisa menjadi opsi untuk bersenang-senang. Namun ada kendala yang sangat klasik, baik untuk futsal maupun wisata bersama hingga kegiatan kopdar bulanan yaitu masalah kesamaan waktu kosong.

Setiap anggota memiliki kesibukan masing-masing dan kebanyakan tidak ingin keluar dari zona nyaman mereka. Sehingga yang perlu dipikirkan pengurus untuk mewujudkan kesuksesan kegiatan di tahun 2013 adalah pemilihan waktu yang tepat dan nyaman untuk peserta yang ditargetkan.

Salam Blogger Jogja, kiranya resolusi untuk tahun 2013 menjadikan kita semua lebih berhati nyaman :) 

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

2 comments:

  1. Jadi inget salam 2 jari n inget juga waktu packing kasur+bantal,tp ternyata dilarang. hheheheee.


    keren ahhhhhhh..

    Pokoknya KBJ is thebest n maksimal jen.


    Salam 2Jari ^_^

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com