Kirim SMS GRATIS dengan Gmail

Ada kabar gembira bagi anda penggemar layanan SMS. Google memberi layanan SMS gratis bagi pengguna layanan Gmailnya. Karena dengan Gmail, Anda bisa mengirimkan SMS secara gratis.

Memang bukan layanan yang gres, tetapi diperkirakan masih banyak orang yang belum mengetahui tentang layanan ini. Dengan SMS in Chat, pengguna dapat mengirim dan menerima SMS dari akun Gmail.

Awalnya, layanan nilai tambah ini hanya bisa dipakai untuk nomor-nomor Amerika Serikat (+1) saja. Tetapi, baru-baru ini Google membukanya di sejumlah negara, termasuk Indonesia, Ghana, Israel, Malawi, Nigeria, Zambia, Uganda, Tanzania, Arab Saudi, Senegal, Palestina, hingga Kenya.

Di Indonesia, hanya dua operator yang mendukung layanan SMS gratis ini di Indonesia, yaitu Telkomsel dan Indosat. Meski kuotanya dibatasi 50 SMS per hari, Google cukup membantu pelanggan, terlebih lagi bagi yang kerap mengirimkan SMS internasional.

Sebagaimana diketahui, tarif SMS internasional Telkomsel adalah Rp600, sementara Indosat Rp500 per SMS, kecuali seluruh negara di Eropa, Fiji, Papua Nugini, Senegal & Uni Emirat Arab dikenakan biaya Rp1.200 per SMS. Dibandingkan dengan SMS in Chat di Gmail, tentu sangat terasa. Apalagi, setelah 24 jam, kuota SMS akan kembali ke 50.

Instalasinya sangat mudah. Di Gmail, terdapat fitur Google Labs.
Di dalamnya, Anda mengaktifkan fitur SMS (text messaging) in Chat dan SMS in Chat gadget dengan mengklik Enable. Jika sudah, geser mouse ke bawah dan klik Save Changes. Instalasi selesai. Di sebelah kiri inbox Gmail Anda akan muncul tabulasi 'Send SMS'.

Untuk menggunakannya juga mudah. Masukkan nomor tujuan dengan kode negara (misalnya, +62811890xx), kemudian Enter. Anda akan diminta memasukkan detail kontak. Setelah kontak diregistrasi, akan ada pop-up window layaknya Gtalk. Selesai.

Anda bisa mengirimkan SMS sepuasnya, maksimal 50 kali dalam sehari. Selamat mencoba!

About the Author

Jeanot Nahasan

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

5 comments:

  1. Bukan berita gembira lagi. Soalnya biaya sms udah semakin murah, bahkan beberapa operator sudah menggratiskan layanan sms-nya. Tapi untuk sms-an dgn teman atau saudara di luar negeri, boleh lah.. :)

    BalasHapus
  2. yahh sayang.. :( operator nomerku gak ada yang mendukung untuk google. padahal suka dengan layanan google.

    but nice info gan! :D (aku aja baru tau ada layanan ini setelah baca dari blog sampean)

    BalasHapus
  3. Operatornya apa gan?? mending dicoba aja dulu, sapa tau bisa gan :)

    BalasHapus
  4. Biar blog banyak pengunjung, pasang widget SMS Gratis di blog, trus tentukan sendiri iklan diakhir setiap sms terkirim. misalnya bisa diisi dengan alamat blog di akhir sms.
    Klik www.sms600.com

    BalasHapus
  5. @Tongkonan : bagi saya tetap berita gembira, pasalnya dari tidak ada menjadi ada adalah sesuatu yg perlu diapresiasi. khusunya saya yg sering kehabisan pulsa dan malas isi ulang. dengan gmail, saya dapat terbantu, krn tidak perlu menambah biaya lagi. :)

    @Aswandi : mantap juga tuh idenya gan :)

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com