Lazada, Situs e-commerce Asing di Indonesia

Ada banyak situs e-commerce yang fokus pada produk elektronik di Indonesia. Sebagian besar situs e-commerce tersebut dimiliki dan dikelolah oleh orang Indonesia. Sebagian kecilnya lagi adalah situs e-commerce asing (milik orang luar negeri) yang menambah target pasarnya ke Indonesia. Salah satu situs e-commerce luar negeri yang ada di Indonesia adalah Lazada (www.lazada.co.id).

Lazada merupakan bagian dari jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan nuansa tema yang digunakan oleh situs jual beli Amazon.

Lazada fokus untuk penjualan produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.

Lazada merupakan online retailer di Indonesia yang memberikan consumernya kesempatan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan. Produk pesanan akan diantar ke rumah dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit, namun anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 yang dibayarkan kepada agen pengeriman yang mengantar barang pesanan anda.



Beberapa produk premium yang tersedia di Lazada : 
  • elektonik-komputer, 
  • perlengkapan dan peralatan rumah tangga, 
  • perlengkapan anak, 
  • produk kesehatan dan kecantikan, 
  • perlengkapan travelling, 
  • perhiasan dan jam tangan, 
  • perlengkapan olahraga.

Metode pembayaran :
  • Kartu kredit (Visa, MasterCard, BCA dan Mandiri)
  • COD (cash on delivery) dengan tambahan biaya Rp. 10.000 khusus daerah JABODETABEK

Sampai saat ini memang belum ada laporan terkait penipuan ketika membeli produk di Lazada, namun ada beberapa consumer yang meragukan integeritas situs e-commerce ini karena nomor customer service yang dicantumkan di situs merupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama dengan kebanyakan situs / penjual produk bohongan (penipuan) yang juga tersebar di internet.

Situs Lazada juga dapat Anda jadikan sebagai referensi harga untuk membeli produk elektronik yang Anda inginkan.

About the Author

Jeanot

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

39 comments:

  1. Selamat datang LAZADA, di bumi Nusantara. Semoga bisa memberikan nilai plus pada kami semua bangsa dan negara Indonesia. Kami sambut dengan antusias kehadiran Anda. Trims infonya. Selamat dan sukses selalu untuk Anda.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus
  2. klo situs sejenis yang sudah terpercaya, apa saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. situs yang ini sudah terpercaya juga kok.. klw gak coba yang zolora..
      klw situs jual beli, saran saya lebih baik berniaga.com drpd tokobagus.com..

      *komentar ini sebelumnya sudah dipublikasikan pada 17 April 2012 13:42

      Hapus
  3. Sudah 2 kali transaksi di laZada, pelayananya memuaskan sekali, cs gak segan2 nelpon buat konfirmasi pesanan kita,

    BalasHapus
  4. saya pingin pesan kesini, tapi takut susah komplain2nya misal ada masalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan cari referensi yang banyak dulu gan :)

      Hapus
  5. pernah liat webnya, lengkap kok. Sampe ke buku aja ada, semoga diskonnya diperbanyak ya www.lazada.co.id

    BalasHapus
  6. kritik membangun

    maaf, telepone susah dihub. hr ini barusan sy mau konfirmasi barang pesanan saya no. 200015396. pdhl sy sdh byr sejak tgl 20 jul 12. eh jawabnya hari ini tutup. trs coba chat. eh katanya petugasnya tdk ada, trs srh meninggalkan pesan. pdhl di promo 2-4 hr sampai. kita jd kuatir krn tdk ada jawaban.

    BalasHapus
  7. saya pesan dari 7 juli sampe sekarang blom sampe barang. email 2 kali, alasan stok habis karena banyak peminat (alasan yg ga profesional). telp susah masuk. begitu masuk, bilangnya bakal telp untuk konfirmasi status pengiriman barang, ditunggu sampe 3 hari kaga telp2. sampe sekarang aja barang ga jelas, telp ga ada.

    BalasHapus
  8. Saya pesan barang senilai 1 jt sudah tiga hari belum juga dikirim sampai kapan saya nggak tahu, mudah-mudahan saja tidak tertipu

    BalasHapus
  9. toko online yang satu ini perlu diragukan karena barang tak dikirim kirim padahal pembayaran sudah lunas.

    BalasHapus
  10. Pesan barang tgl 5 Juli langsung tak bayar lunas, 3 hari kemudian pembayaran saya baru diverifikasi. Setelah 4 hari, barang belum sampai lalu saya email, katanya stok barang abis dan uang akan dikembalikan paling lambat 7 hari. Sekarang sudah hari ke-14 tapi uang saya belum dikembalikan.

    BalasHapus
  11. betul sekali, saya juga sudah 2 minggu beli tas, ga kunjung tiba, saya telp ga bisa mulu, diemail, jawabannya stocknya habis dan saya ditawarkan model baru, tapi sampai sekarang ga kunjung tiba tuh tas. mengecewakan, online shop tipuitipu tuh Lazada

    BalasHapus
  12. dari komen semua kayanya banyak yang ga beresnya nih Lazada...T x infonya...saya juga order barang ke Lazada untung saya pake term COD, udah seminggu ga ada kbr nya lagi tuh setelah Lazada konfirmasi ke saya..Untung aja

    BalasHapus
  13. Tanggal 28 Juli 2012 beli barang, dilunasi. Tanggal 29 Juli 2012 dihubungi mau kirim besok pagi, ini no nya yang lain 021.95123914, sampai sekarang tanggal 6 Agustus 2012 belum terima barang.

    BalasHapus
  14. Saya mau informasikan bahwa saya yang membeli tanggal 28-8-2012, dan tanggal 29-8-2012 dihubungi akan mengirim barang besok pagi ternyata saya baru saja menerima kiriman barangnya tanggal 6-8-2012 malam. jadi ternyata Lazada bukanlah tipu tipu. terima kasih dan mohon maaf atas tulisan saya sebelumnya dan mohon tidak dipublikasikan

    BalasHapus
  15. saya juga pesan beberapa barang di lazada tp pas sampai di rumah tidak lengkap barangnya. saya kirim pesan berkali2 ke lazada balasannya tunggu konfirmasi pengiriman bla bla bla . sudah 1 minggu lebih ga ada kabar lg.

    BalasHapus
  16. Saya Pesan barang di lazada , pembayaran dgn COD ( cash on delivery ) karena ini pesanan pertama saya, saya merasa Lebih aman, Dan dalam 5 hari barang tiba di rumah dgn baik, wah... Bagus ini lazada, pelayanannya juga bagus, sebelum barang dikirim phial lazada komfirmasi dulu tentang pesanan Dan sebelum kurir mengantar Telpon dulu untuk memastikan saya Ada di rumah, bakalan ramin belanja di lazada, makasih lazada , tambahan dong diskonnya 👍👍👍👍

    BalasHapus
  17. Terima kasih bro Jeanot.. Great to know you.
    Terlepas dari plus minus suatu e-commerce, komen positif merupakan pemacu untuk lebih baik lagi, komen negatif untuk feedback dan perbaikan segera atas layanan ke konsumen.
    Thanks guys..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, terima kasih juga gan atas kunjungannya . terima kasih karena sudah meninggalkan jejak dan pendapat :)

      Hapus
  18. galau mau beli atau kaga -__-

    BalasHapus
  19. Saya pesan barang melalui Lazada, seperti kalian semua menyatakan pembelian melalui kartu kredit saya dicancel... tetapi setelah dicheck dengan pihak bank bahwa sudah terdebet ... menurut saya pihak lazada itu sengaja melakukan itu agar mereka mendapatkan uang cash atau modal tanpa bunga pinjaman. Sangat licik dan perlu ditertibkan oleh pihak yang berwajib.

    BalasHapus
  20. Jangan beli apapun barang di Lazada terutama menggunakan kartu kredit karena mereka mempunyai sistem untuk mengambil uang anda terus mencancel transaksi anda dan berjanji memulangkan uang anda tapi dalam waktu 1 bulan jadi kurang lebih mereka itu seperti meminjam uang tanpa bunga kepada kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew.. baru tau klw ada mudus semacam itu. hmmm, jadi referensi baru nih. thanks sharingnya gan :)

      Hapus
  21. kl gw sih nyampe pesennya,kl ga yakin pake COD (cash on delivery) aja,jd barang dateng baru bayar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tuh jadi referensi buat yang lain :)
      mending pakai sistem COD aja :)

      Hapus
  22. kok saya lihat d web banyak yg komen ya klo lazada penipu..hmmm jadi ragu mau borong gadget -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau beli, mungkin bisa ikut rekomendasi teman2 yg pake sistem COD (barang datang baru dibayar)

      Hapus
  23. Hati2 dengan promonya, saya baru beli barang, disc 50%, ternyata harga normalnya 2 kali dari harga pasaran dan pada gambar tercantum mendapat hadiah, ternyata hadiah tidak dikirim

    BalasHapus
  24. Kenapa orang orang sepandai anda semua kok bisa kena tipu...padahal jelas ada system COD???????
    Mau takut ketipu , takut barang kagak datang , ddatang tapi telat yang penting dimana-mana ada barang dulu baru bayar...warung saja makan dulu baru bayar...kecuali di kantin sekolah soalnya banyak yang DARMAJI ( Dahar lima Ngaku Siji )....

    BalasHapus
  25. kalau kasusnya saya sedang butuh cepet tapi kepastian kapan pesanan saya datang tak kunjung datang. otomatis saya pilih cancel pesanan via email. ternyata pesanan tidak bisa di cancel karena pesanan sudah dikirim kemarin (padahal pakai sistem COD lho? atw memang seperti itu?) untunglah saya masih bisa bisa bersabar menunggu esok. untung budget'a belum saya belanjakan. kalau budget'a sdh saya pakai, lalu pesanan datang, harus bagaimana?

    *minusnya mereka ga konfirmasi kalo barang ada stok dan akan dikirim

    BalasHapus
  26. Saya perdomisili di Bontang, Kaltim..jauh ya..? Saya sdh 2x membeli produk di Lazada, metode pmbayaran dgn transfer Mandiri dan menggunakan kartu kredit, Alhamdulillah semua lancar2 aja, malah menurut saya Lazada sangat profesional dan responsif, smua pesanan saya tiba dalam waktu 3 hari sajak proses bayar, dan ongkir masih promo jadi gratis.
    Sbgai bahan sharing..saya lebih barani membeli barang2 di situs luar negeri daripada dlm negeri..karena slama ini blm pernah dibohongin...Alhamdulillah..
    Selamat datang Lazada dan Zalora...

    BalasHapus
  27. saya domisili di pekanbaru,, saya pesan hp nokia asha dgn sistem COD,, 1 hari barang langsung smpai,,
    yg kedua saya pesan lagi dgn system transfer,, 4 hari kmudian barang sampai,,, jadi menurut saya lazada tu gak nipu...

    BalasHapus
  28. Aneh juga kok ga ada yang pada sadar/comment perihal harga, menurut saya harga-harga di lazada itu lebih tinggi daripada situs sebelah lho. Bahkan harga setelah diskonnya saja masih lebih tinggi dari harga pasaran (Penipuan?). Saya termasuk orang yang suka survei harga dari beberapa situs dulu sebelum berbelanja. Untuk belanja online yang harganya rasional menurut saya: bhinneka dan blibli.

    BalasHapus
  29. Saya bru pertama belanja di lazada. dan hasilnya kapok
    beli 3 item barang, yang dikirimkan hanya 2 item. setelah konfirm ternyata 1 barang gak ada stok ( kok bisa, di webnya tertulis jelas stok terbatas dengan kata lain harusnya ada stok dan tinggal sedikit ).
    Dan dijanjikan item akan dikirim 7 s/d 14 hari kemudian ( lama banget ), akhirnya saya minta refund.
    Masalah ternyata belum selesai juga, proses refund dijanjikan 7 s/d 14 hari juga dengan alasan bahwa lazada adalah perusahaan RESMI dan lamanya waktu refund tergantung pada pihak bank ( cari kambing hitam saja )

    BalasHapus
  30. sy tidak pernah ada maslah dgn online shop yg ini. sy sdh blanja dsini 1 thn terakhir. mulai dari elektronik, peraltan rumah tangga, sampe gadget. memang agak mahal sdikit tapi ongkir free ( jadi sama aja kaaaannn ama yg lain tapi + ongkir !! ) pesanan juga bisa di pantau. stiap mesan selalu tiba di bawah 5 hari padahal sy domisili di Bulungan - Kalimantan utara (propinsi baru) ( mungkin agan2 belom tau dimana). masalah stok tadi sebenarnya ada kolom chat kalo kita ragu2 akan ketersedian barang bisa chating dgn operator dan juga setelah cek out di lazada, ada konfiramsi pemesanan yg masuk ke email. yang menginformasikan status pesanan kita ready atau kosong. SEBELUM berbelanja dimana pun sebaiknya diteliti dulu aturan mainnya. jgn langsung ATC/add to cart aja. di lazada panjang lebar aturannya dan juga jelas sekali. jk kita masuk daerah yang dilayani COD sebaiknya COD aja. pengalam lainnya sy juga recomendasikan TOKOPEDIA.COM karna online shop ini menggunakan rekening bersama. tks

    BalasHapus
  31. Saatnya Lazada berbenah, semakin banyak complaint ketidakpuasan belanja online di lazada termasuk saya yang baru pertama kalinya, berharap dapat kesan berbeda dari onlineshop lainya...eeh malah kecewa yang didapat. Pada tanggal 14 Des 2013 saya melakukan pemesanan dengan no. Order 304922122 dan saya pilih metode pembayaran COD di tempat Bekasi Timur, OMG sampai saat ini barang yang saya pesan belum dikirim juga , padahal pada status order tanggal 17 Des '13 barang sudah di Warehouse menunggu pengiriman. Sudah berkali-kali telpon tapi tidak mendapat kejelasan dan kepastian kapan barang dikirim alasannya selalu sama "sudah di follow up kebagian terkait" perlu berapa lama lagi saya harus menunggu ??? menurut saya Lazada sangat tidak profesional So...pilihlah e-commerce lain yang lebih jelas integritasnya.

    BalasHapus
  32. gan sya belum pernah beli distus ini, tapi beberapa kali beli di bh******eka, cukup memuaskan, nggak semua toko online buruk

    BalasHapus

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com